Home > Ragam Berita > Nasional > Wapres JK Minta Semua Pihak Hargai Sikap IDI Yang Menolak Menjadi Eksekutor Kebiri

Wapres JK Minta Semua Pihak Hargai Sikap IDI Yang Menolak Menjadi Eksekutor Kebiri

Jakarta – Wapres Jusuf Kalla (JK) menegaskan jika Pemerintah Indonesia menghormati keputusan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menolak menjadi eksekutor hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak-anak.

Wapres JK Minta Semua Pihak Hargai Sikap IDI Yang Menolak Menjadi Eksekutor Kebiri

“Ya, itu (penolakan kebiri) haknya, tapi ada juga dokter yang bukan anggota IDI, ada dokter TNI, ada dokter polisi yang bisa sesuai penugasan,” ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (10/6/2016) seperti dilansir dari Antara.

Seperti yang diketahui, Ketua Umum IDI Ilham Oetama Marsis mengumumkan IDI menolak jadi eksekutor hukuman kebiri yang menjadi hukuman tambahan bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

IDI berpendapat, pelaksanaan hukuman kebiri oleh dokter dianggap melanggar Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran Indonesia.

Terkait hal itu, Wapres berpendapat jika seharusnya para dokter tidak perlu terlalu khawatir karena kebiri adalah salah satu hukuman yang dapat diberikan hakim kepada pelaku kejahatan seksual.

“Itu (hukuman kebiri) kan butuh kesaksian khusus, tidak semua hakim akan menjatuhkan itu,” jelas Wapres. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Djarot Tidak Mau Berikan Gaji kepada Staf Ahli DPRD DKI

Inilah Alasan Djarot Tidak Mau Berikan Gaji kepada Staf Ahli DPRD DKI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menolak membiayai gaji tenaga ahli anggota Dewan ...