Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Sarankan Mendagri Cabut Perda Larangan Warung Buka Saat Ramadhan

Ahok Sarankan Mendagri Cabut Perda Larangan Warung Buka Saat Ramadhan

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Satpol PP Kota Serang merazia Banten. Aksi tersebut pun kini telah menajdi isu nasional. Beberapa orang terusik rasa kemanusiaannya. Mereka pun turut prihatin. Tidak terkecuali Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok Sarankan Mendagri Cabut Perda Larangan Warung Buka Saat Ramadhan

”Kamu tanya Mendagri (Menteri Dalam Negeri). Cabut Perda-nya,” kata Ahok sambil masuk ke Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Aksi Satpol PP tersebut dilakukan saat Jumat (10/6/16). Tindakan tersebut berdasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2010 tentang Penyakit Masyarakat yang dikeluarkan oleh Wali Kota Serang dan Majelis Ulama Indonesia Kota Serang. Ahok pun berharap Perda tersebut dicabut.

Ahok menyatakan, tak ada Perda yang mirip seperti itu di DKI Jakarta. Maka tak ada razia warung yang buka di bulan puasa yang digelar Satpol PP DKI.

”Mana ada razia? Dari mana dasarnya razia?” kata Ahok.

Ahok juga mengetahui, tak semua Muslim berpuasa saat bulan Ramadan. Kaum perempuan yang sedang datang bulan misalnya, mereka juga harus tetap mudah mendapatkan makanan di bulan puasa.

”Saya (dulu) sekolah Islam ya. Orang yang berpuasa kalau bersama orang yang sedang makan dan yang berpuasa bisa menahan diri ya pahalanya dobel,” ujar Ahok.

Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman menjelaskan Perda Tahun 2010 memang menjadi landasan hukum razia semacam itu. Ada pula Surat Edaran Waki Kota Serang tahun 2016 tentang Imbauan Bersama Menyambut Bulan Suci Ramadan. Namun razia represif itu terjadi, Tubagus Haerul Jaman melihat ada salah prosedur dalam hal tersebut.

”Saya sayangkan ada salah prosedur pengangkutan barang-barang dagangan. Itu saja,” kata Haerul Jaman. dalam keterangannya, Minggu (12/6//16) kemarin. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Jakarta – Seorang anggota Kopassus dari Satuan 81 / Penanggulangan Teror yang bernama Sertu Wahyu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis