Home > Ragam Berita > Nasional > Info Arus Mudik : Tol Paliaman Tambah 12 Gerbang

Info Arus Mudik : Tol Paliaman Tambah 12 Gerbang

Jakarta – Uji coba guna mengintegrasikan sistem transaksi jalan tol mulai dari Jakarta-Cikampek hingga Palimanan-Brebes Timur akan dimulai oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Senin (13/06/2016).

Info Arus Mudik : Tol Paliaman Tambah 12 Gerbang

“Uji coba ini dilakukan hari ini (13/06/2016) mulai pukul 06.00 WIB dan akan terus dievaluasi,” kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna menjawab pers di Gerbang Tol Palimanan, Jawa Barat.

Herry berpendapat, tujuan utama integrasi pembayaran ini adalah memperlancar arus lalu lintas jalan tol antara ruas Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan hingga ke Brebes Timur.

“Termasuk juga Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan serta Pejagan-Pemalang,” katanya.

Menurutnya, dengan melakukan integrasi, maka antrean kendaraan dapat dikurangi secara optimal karena pembayaran hanya dilakukan di tempat tujuan.

Implementasi di lapangan, kata Herry, hambatan pembayaran pada beberapa gerbang tol ditiadakan seperti Gerbang Tol Plumbon 3, Plumbon 4, Ciperna Utama dan Mertapada sehingga pembayaran hanya dilakukan di tujuan akhir.

Jadi, ia memberikan contoh, pengguna jalan tol dari Jakarta hanya ambil kartu di gerbang Cikarang Utama dan membayar di Palimanan, baik secara tunai maupun kartu tol.

“Soal berapa lama bisa dihemat, itu tergantung dari situasi kepadatan. Sebelumnya antrean kepadatan di gerbang Cikopo kan bisa satu jam, sekarang sudah tidak lagi,” katanya.

Untuk kartu elektroniknya sudah terbuka untuk semua bank. Pada tahap awal ini di klaster I pembayaran di Palimanan bisa dilayani empat bank yakni Mandiri, BRI, BNI, BTN dan BCA, sedangkan klaster II bank yang melayani di klaster I, kecuali BCA.

Integrasi pembayaran ini terbagi dua yakni klaster I meliputi jalan tol Jakarta-Cikampek (Jasa Marga), Cipularanh (Jasa Marga), Jalan Tol Padaleunyi (Jasa Marga) dan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Lintas Marga Sedaya).

Klaster II meliputi Jalan Tol Palimanan-Kanci (Jasa Marga), Jalan Tol Kanci-Pejagan (Semesta Marga Raya) dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Pemalang Toll Road).

Terkait tarif, Herry menegaskan tetap memberlakukan tarif saat ini.

“Contohnya untuk kendaraan golongan I dari Jakarta – Palimanan Rp 109.500, rinciannya Jakarta-Cikampek Rp 13.500 dan Cikampek-Palimanan Rp 96.000,” katanya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Djarot Pertanyakan Alasan Sandiaga Minta Keringanan Pada Polisi Terkait Kasusnya

Djarot Pertanyakan Alasan Sandiaga Minta Keringanan Pada Polisi Terkait Kasusnya

Jakarta – Kandidat wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat angkat bicara terkait calon wakil ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis