Home > Ragam Berita > Nasional > Ryamizad Ryacudu Ingin Bentuk Lembaga Intelijen di Bawah Kemenhan

Ryamizad Ryacudu Ingin Bentuk Lembaga Intelijen di Bawah Kemenhan

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal (Purn) Ryamirzad Ryacudu bersikeras dibentuk lembaga intelijen yang bernaung di bawah instansinya. Alasannya, beberapa negara lain memiliki badan intelijen di kementerian sejenis.

Ryamizad Ryacudu Ingin Bentuk Lembaga Intelijen di Bawah Kemenhan

”Kamu lihat, belajar keliling dunia, tanya ada intelijen Kemenhanenggak. Pasti ada. Cuma di sini enggak ada, kan lucu,” katanya pada Senin (13/6/2016).

Dia menjelaskan, pihaknya bakal mendapat kesulitan jika mengambil personel dari badan intelijen yang sudah ada. Misalnya, Badan Intelijen Strategis (BAIS). Namun, ditekankan, intelijen yang bakal dibentuk tidak memiliki fungsi tumpang tindih.

”Oh enggak (tumpang tindih), di negara besar intelijen luar negeri, intel dalam negeri, intelijen pertahanan, intel hukum, intel luar negeri itu CIA. tumpang tindih apa kok. setiap negara Kemenhan-nya harus punya intelijen,” kata dia.

”Yang enggak ada tuh kita. Kan nyeleneh namanya, bukan tumpang tindih. Enggak ada tumpang tindih. Bisa diatur kok,” tegas Ryamizard.

Dia menutup kemungkinan untuk memanfaatkan intelijen di BAIS. Pasalnya, TNI bergerak dalam berbagai operasi yang menuntut kesiapan dan kelengkapan. Berbeda dengan intelijen yang ingin dibentuknya lebih bersifat strategis. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Cak Imin Membantah Tudingan Ingin Menggeser Posisi Menteri Susi

Cak Imin Membantah Tudingan Ingin Menggeser Posisi Menteri Susi

Jakarta – Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) angkat bicara mengenai tudingan ...