Home > Ragam Berita > Nasional > Angkutan Mudik Tidak Layak Pakai Bakal Dicabut Izinnya

Angkutan Mudik Tidak Layak Pakai Bakal Dicabut Izinnya

Yogyakarta – Jumlah pemudik dengan bus dan kapal laut diperkirakan bakal menurun. Hal tersebut telah diperkirakan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat berkunjung ke Yogyakarta pada Rabu malam (15/6/2016).

Angkutan Mudik Tidak Layak Pakai Bakal Dicabut Izinnya

Dia memperkirakan, angka pengguna bus AKAP bakal menurun hingga 2–3 persen per tahun. Hal tersebut pun terjadi dengan penumpang kapal laut. Nah, kenaikan 1–3 persen bakal terjadi pada pengguna kereta api dan pesawat naik 7–8 persen.

Karena itu, pihaknya berharap kesiapan angkutan umum saat mudik menjadi prioritas. Sebab, izin trayek angkutan bakal dicabut bila didapati tidak layak pakai. Pihaknya pun menginstruksi para kepala dinas perhubungan mengecek armada. ”Biasnya ada (bus) AKAP yang tidak layak jalan. Kalau nekat jalan saya cabut izinnya,” kata Jonan.

Untuk pemeriksaan angkutan dilakukan paling lambat 23 Juni 2016. Adapun pemeriksaan dilakukan untuk 529 maskapai perbangan, 45 ribu bus AKAP, 447 lokomotif kereta api, 1.600 KA penumpang, dan 1.200 kapal laut. ”Harus bisa menyelesaikan pemeriksaan,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Curhat di Medsos, Politisi PDIP Pertanyakan Sikap Kenegarawanan SBY

Sering Curhat di Medsos, Politisi PDIP Pertanyakan Sikap Kenegarawanan SBY

Jakarta – Salah seorang, Politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Charles Honoris sangat menyayangkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis