Home > Ragam Berita > Nasional > Angkutan Mudik Tidak Layak Pakai Bakal Dicabut Izinnya

Angkutan Mudik Tidak Layak Pakai Bakal Dicabut Izinnya

Yogyakarta – Jumlah pemudik dengan bus dan kapal laut diperkirakan bakal menurun. Hal tersebut telah diperkirakan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat berkunjung ke Yogyakarta pada Rabu malam (15/6/2016).

Angkutan Mudik Tidak Layak Pakai Bakal Dicabut Izinnya

Dia memperkirakan, angka pengguna bus AKAP bakal menurun hingga 2–3 persen per tahun. Hal tersebut pun terjadi dengan penumpang kapal laut. Nah, kenaikan 1–3 persen bakal terjadi pada pengguna kereta api dan pesawat naik 7–8 persen.

Karena itu, pihaknya berharap kesiapan angkutan umum saat mudik menjadi prioritas. Sebab, izin trayek angkutan bakal dicabut bila didapati tidak layak pakai. Pihaknya pun menginstruksi para kepala dinas perhubungan mengecek armada. ”Biasnya ada (bus) AKAP yang tidak layak jalan. Kalau nekat jalan saya cabut izinnya,” kata Jonan.

Untuk pemeriksaan angkutan dilakukan paling lambat 23 Juni 2016. Adapun pemeriksaan dilakukan untuk 529 maskapai perbangan, 45 ribu bus AKAP, 447 lokomotif kereta api, 1.600 KA penumpang, dan 1.200 kapal laut. ”Harus bisa menyelesaikan pemeriksaan,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Paspampres Disebut Ikut Terima Dana Suap Mantan Dirjen Hubla, Ini Kata TNI

Paspampres Disebut Ikut Terima Dana Suap Mantan Dirjen Hubla, Ini Kata TNI

Jakarta – Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen MS Fadhilah tidak bisa memberikan komentar terlalu banyak ...