Home > Ragam Berita > Nasional > Wilayah Indonesia Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Lebat 17-20 Juni

Wilayah Indonesia Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Lebat 17-20 Juni

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada. Sebab, potensi hujan lebat bakal mengguyur Indonesia selama tiga hari ke. Yakni, 17–20 Juni 2016.

Wilayah Indonesia Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Lebat 17-20 Juni

”Dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto pada Jumat (17/6/2016).

Dia menjelaskan, Hal tersebut memang sangat dipengaruhi hangatnya suhu muka laut di perairan Indonesia barat. Selain itu, hal tersebut juga disebabkan aliran massa udara basah dari samudera India di maritim kontinen Indonesia serta lemahnya aliran masa udara dingin Australia di wilayah Indonesia. Hal tersbut pun dapat berdampak pada peningkatan curah hujan.

Selain itu, ada daerah perlambatan, pertemuan, dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Dampaknya, kondisi atmosfer tidak stabil sehingga potemsi petir dan angin kencang.

Dari kondisi tersebut beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung.
Selain itu, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur. Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara serta Maluku dan Papua.

”Bagi operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatera, Jawa hingga Bali-NTT,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

FPI dan Ormas Lain Kecewa Makan Siang Bareng Anies Ditunda

FPI dan Ormas Lain Kecewa Makan Siang Bareng Anies Ditunda

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya hari ini akan menggelar acara makan bersama ...