Home > Ragam Berita > Nasional > Info Arus Mudik 2016 : Terminal Purbaya Madiun Akan Tambah Jumlah Armada Bus

Info Arus Mudik 2016 : Terminal Purbaya Madiun Akan Tambah Jumlah Armada Bus

Madiun – UPTD Terminal Purbaya Kota Madiun berencana untuk menambah jumlah armada bus yang beroperasi guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik Idul Fitri tahun 2016.

Info Arus Mudik 2016 : Terminal Purbaya Madiun Akan Tambah Jumlah Armada Bus

“Kami rencananya akan menambah armada angkutan untuk mempersiapkan lonjakan penumpang, hanya saja jumlahnya belum pasti karena masih menunggu koordinasi dengan pusat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Madiun, Heri Suwartono, kepada awak media, Jumat (17/6/2016).

Menurutnya, berdasarkan pengalaman di Idul Fitri tahun lalu, penambahan armada mencapai 20% dari kondisi biasa, dengan kapasitas masing-masing bus sebanyak 55 orang.

“Adapun untuk kondisi biasa, jumlah bus yang beroperasi masuk ke Kota Madiun mencapai 300 unit setiap harinya,” kata dia.

Armada tambahan maupun bus cadangan tersebut biasanya ada yang jurusan Jakarta-Madiun, Yogyakarta-Madiun, dan sejumlah kota besar lainnya. Bus-bus tersebut didapatkan dari kerja sama dengan perusahaan organda mapun bus pariwisata.

Heri menjelaskan, secara umum Terminal Purbaya telah siap menghadapi masa angkutan Lebaran tahun 2016. Sejumlah sarana dan prasarana juga telah mendapat tambahan dari pemerintah pusat, menyusul rencana pengambilalihan terminal tipe A oleh pusat.

“Di antaranya penambahan sarana bangku peron yang akan disediakan sesuai dengan kebutuhan. Jika kurang nanti bisa ditambah lagi,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar tes kesehatan bagi para sopir dan awak bus serta melakukan cek fisik bus angkutan guna mengetahui laik jalan atau tidak.

“Semuanya bertujuan agar angkutan mudik dan balik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar, aman, dan tertib,” kata dia. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Sederet Tokoh Yang Dianggap Layak Menjadi Cawapres Jokowi

Inilah Sederet Tokoh Yang Dianggap Layak Menjadi Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres masih dua tahun lagi namun bursa nama capres dan cawapres sudah mulai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis