Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Inilah Penyebab Puluhan Paus Terdampar di Probolinggo

Berita Terkini : Inilah Penyebab Puluhan Paus Terdampar di Probolinggo

Surabaya – Beberapa waktu lalu, puluhan ekor ikan paus pilot terdampar di pesisir pantai Probolinggo. Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (15/6/2016).

Berita Terkini : Inilah Penyebab Puluhan Paus Terdampar di Probolinggo

Salah seorang staf Stasiun Metereologi (Stamar) Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Surabaya Eko Prasetyo mengungkapkan penyebab kejadian tersebut. Mereka terdampar lantaran berkurangnya oksigen.

”Beberapa waktu lalu juga terjadi peristiwa serupa terjadi di pesisir Situbondo dan videonya tersebar di medsos (media sosial),” tutur Eko di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/6/2016).

Eko menduga tingginya gelombang laut dan kecepatan angin yang terjadi menyebabkan kadar oksigen di perairan dalam berkurang.

”Gelombang tinggi diduga menyebabkan menurunnya kandungan oksigen di perairan dalam laut,” ujar Eko.

Selain itu, Eko juga menerangkan bahwa gelombang tinggi yang terjadi juga menyebabkan rendahnya salinitas air dan permukaan air laut menjadi naik, sehingga memicu migrasi kelompok paus dan mendorong mereka terdampar di pantai.

Sebagaimana diketahui Rabu (15/6/2016) puluhan ekor ikan paus pilot terdampar di perairan Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kepala Desa Randupitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sanemo mengungkapkan, terdamparnya puluhan paus diketahui terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

Warga dibantu oleh aparat TNI-Polri kemudian melakukan penyelamatan terhadap puluhan ekor ikan paus tersebut dengan mengembalikannya ke tengah laut. Upaya penyelamatan tersebut membutuhkan waktu 20 jam dan baru selesai pada Kamis (16/6/2016) pukul 09.30 WIB. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Buni Yani Menilai Video Ahok Tak Layak Dijadikan Barang Bukti

Pengacara Buni Yani Menilai Video Ahok Tak Layak Dijadikan Barang Bukti

Jakarta – Buni Yani selaku terdakwa kasus pelanggaran UU ITE kembali menjalani sidang lanjutan di ...