Home > Ragam Berita > Nasional > Umat Muslim di Kupang Turut Rayakan Tradisi Talin Bareng Warga Kristen

Umat Muslim di Kupang Turut Rayakan Tradisi Talin Bareng Warga Kristen

Kupang – Ratusan pemeluk agama Islam dari sejumlah desa di Kecamatan Witihama, terlibat dalam acara syukuran rehabilitasi bangunan Gereja Katolik Witihama, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Umat Muslim di Kupang Turut Rayakan Tradisi Talin Bareng Warga Kristen

Umat muslim yang menyebar di 16 desa Kecamatan Witihama terlihat bersama umat nasrani turut melakukan tradisi ‘talin’.

Talin adalah budaya membawa sejumlah barang kebutuhan untuk diberikan kepada orang atau kelompok yang melaksanakan sebuah perayaan. Hal ini dilakukan dengan membawa sembako, dan juga hewan peliharaan untuk dikonsumsi bersama dalam acara syukuran.

“Tradisi ‘talin’ ini sebagai perwujudan dari toleransi keagamaan yang bersumber dari nilai-nilai adat yang diwariskan oleh para leluhur,” kata salah satu tokoh agama Islam Witihama, Kasman Gorantokan, Sabtu (18/6/2016).

Sumber tersebut menambahkan, keterlibatan umat muslim melalui tradisi ‘talin’ dilakukan dengan sukarela dan merupakan nilai-nilai budaya warisan leluhur yang tetap terpelihara oleh masyarakat Witihama hingga kini.

“Bahkan di bulan puasa Ramadhan, umat muslim di Witihama tetap melakukan tradisi ‘talin’ untuk menjaga nilai-nilai budaya,” kata pengurus Masjid Al-Taqwa Witihama itu. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Curi Motor di Parkiran, Siswi Berhijab Ini Mengaku Mendapat Bisikan Gaib

Curi Motor di Parkiran, Siswi Berhijab Ini Mengaku Mendapat Bisikan Gaib

Tegal – Seorang siswi SMP di Tegal yang menyerahkan diri dan mengaku usai mencuri sebuah ...