Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Otoritas Turki Tidak Terbitkan Parade LGBT saat Ramadan

Berita Internasional : Otoritas Turki Tidak Terbitkan Parade LGBT saat Ramadan

Istanbul – Saat ini, muslim sedang melaksanakan ibadah puasa. Namun, kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) ingin mengadakan kegiatan. Yakni, parade. Acara tersebut pun bakal diselenggarakan pada 26 Juni 2016.

Berita Internasional : Otoritas Turki Tidak Terbitkan Parade LGBT saat Ramadan

Rencananya, parade kaum LGBT Turki bakal diselenggarakan di Istanbul. Nah, hal tersebut pun dikecam otoritas Turki. Mereka pun tidak memberikan izin penyelenggaraan acara tersebut. Awalnya, parade tersebut bakal diselenggarakan di Istiklal Caddesi hingga Alun-Alun Taksim.

Selama ini, sudah 12 kali kaum LGBT Turki mengadakan parade hingga akhirnya tahun lalu, parade tersebut terpaksa tak diadakan karena dilarang pemerintah Turki. Untuk tahun ini, larangan tersebut kembali diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Istanbul.

”Perizinan tidak akan diberikan untuk pertemuan atau parade di jalan-jalan demi keamanan dan ketertiban publik,” bunyi pernyataan Pemprov Istanbul sebagaimana dikutip dari Al Araby pada Sabtu (18/6/2016).

”Kami mengimbau kepada para warga Istanbul yang kami cintai, untuk mengabaikan ajakan partisipasi (parade LGBT) dan mematuhi peringatan yang diumumkan aparat keamanan,” lanjut pernyataan tersebut.

Pihak penyelenggara parade LGBT mengecam larangan tersebut, via akun Facebook-nya: ”Pelarangan ini merupakan pelanggaran terhadap konstitusi dan undang-undang. Tugas negara semestinya bukan mencegah penyelenggaraan hak-hak (warga), melainkan menghapus setiap hambatan terhadap hak-hak.” (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...