Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : 24 Pembantai Muslim di India Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup

Berita Internasional : 24 Pembantai Muslim di India Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup

Ahmedabad – Setelah 14 tahun berselang, kasus pembunuhan muslim di India disidangkan. Sebanyak 24 pelaku pun dijatuhi hukuman penjara. Putusan vonis tersebut dilakukan di pengadilan istimewa di Ahmedabad, India.

Berita Internasional : 24 Pembantai Muslim di India Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup

Sebagaimana diketahui, pada 2002, sekitar seribu muslim India di Gujarat dibunuh para nasionalis Hindu. Nah, Muslim India pun menjadi kambing hitam. Mereka disalahkan atas meninggalnya 60 warga hindu saat kebakaran di gerbong kereta.

Kejadian itu mencuatkan tudingan bahwa ada sejumlah muslim India yang menyulut kebakaran tersebut. Sontak, kemarahan warga Hindu memuncak. Lebih dari seribu muslim dibantai dan lusinan rumah dibakar.

Sebelumnya muncul tuntutan para keluarga korban yang disuarakan aktivis Anand Yagnik, bahwa para pelaku harus dihukum mati. Namun hakim pengadilan istimewa, PB Desai menolak tuntutan tersebut.

Dalam vonisnya, hakim PB Dasai menjatuhi hukuman penjara seumur hidup untuk 11 terdakwa. Sementara 12 lainnya dibui tujuh tahun penjara dan satu pelaku lainnya 10 tahun bui.

Jelas keluarga korban tak puas atas vonis tersebut, sebagaimana yang diutarakan Zakia Jafri, janda Ehsan Jafri, politisi muslim dari kubu oposisi yang turut tewas dalam Pembantaian Gujarat 2002 silam.

”(Vonis) ini seperti bukan hukuman yang pantas atas kejahatan yang sudah mereka lakukan,” cetus Zakia Jafri sebagaimana diberitakan Scotsman pada Sabtu (18/6/2016).

Sementara itu, PM Modi berulang kali menegaskan bahwa dirinya tak terlibat pembantaian muslim India, sementara Mahkamah Agung India juga pernah menyatakan bahwa mereka tak menemukan bukti ketelibatan Modi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Washington DC – Kepolisian Maryland mengamankan seorang remaja putri bernama Nichole Cevario (18) yang diduga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis