Home > Ragam Berita > Nasional > Gatot Nurmantyo Pastikan Tujuh Nelayan Tiongkok Bakal Diselidiki

Gatot Nurmantyo Pastikan Tujuh Nelayan Tiongkok Bakal Diselidiki

Jakarta – Beberapa waktu lalu, tujuh nelayan Tiongkok ditangkap. Sebab, mereka kedapatan mencuri ikan di perairan Natuna. Kasus tersebut pun kini diselidiki. Selanjutnya mereka bakal dijatuhi sanksi sesuai dengan hukum di tanah air. Hal tersebut diungkapkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Gatot Nurmantyo Pastikan Tujuh Nelayan Tiongkok Bakal Diselidiki

”Iya, jadi yang tujuh orang ini, enam pria dan satu wanita. Itu tentunya akan diadakan penyidikan kemudian proses hukum,” kata Gatot di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Gatot menjelaskan, kapal nelayan asing itu masuk ke Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) dan melakukan aktivitas penangkapan ikan. Sehingga nelayan tersebut ditangkap dan harus mengikuti proses hukum.

Namun, Gatot tak ingin gegabah dengan langsung menenggelamkan kapal nelayan tersebut. ”Itu kan nanti dong. Nanti setelah keputusan hukuman baru, jangan ujug-ujug ditenggelamkan,” katanya.

Menurut Gatot, Indonesia tak mengakui klaim China atas wilayah Natuna. Malah, keamanan di daerah tersebut akan diperketat pascakejadian tersebut.

”Kita mengirim ada lima KRI dan satu pesawat CR 212. Drone di kapal kita siapkan drone juga cuma terbatas. Dan satuan drone yang nanti akan dibangun nanti di Natuna. Baru akan dibangun di Natuna. Justru inilah yang kita bicarakan kan jadi prioritas,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Jakarta – Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak menyebut jika wakil gubernur terpilih DKI Sandiaga Uno ...