Home > Ragam Berita > Nasional > Kasus Penyanderaan Kembali WNI oleh Abu Sayyaf Hanya Ulah Para Penipu

Kasus Penyanderaan Kembali WNI oleh Abu Sayyaf Hanya Ulah Para Penipu

Jakarta – Beberapa waktu lalu, beredar kabar WNI kembali disandera kelompok Abu Sayyaf. Namun, diduga, itu adalah ulah para diduga ulah sindikat penipuan.

Kasus Penyanderaan Kembali WNI oleh Abu Sayyaf Hanya Ulah Para Penipu

Hal tersebut ditegaskan Minister Councellor KBRI Manila Eddy Mulya. Pernyataan itu dilontarkan setelah melakukan koordinasi dengan KSOP Samarinda serta pihak perusahaan.

Menanggapi hal itu, pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ahmad Bakir Ihsan menjelaskan, bahwa pemerintah kembali kecolongan mengenai penyanderaan yang menimpa warga kenegaraannya di perlintasan Fillipina.

”Ini kedua kalinya pemerintah kecolongan terhadap Anak Buah Kapal (ABK) yang saat itu melintas di wilayah Abu Sayyaf,” kata Bakir pada Kamis (23/6/2016).

Kata dia, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak memperhatikan keselamatan ABK, berbeda dengan pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang selalu memperhatikan nasib para ABK untuk memberikan jalan keluar terhadap relasi bisnis antara Indonesia dengan Filipina sehingga tidak ada lagi permainan-permainan kelompok teroris.

”Pemerintah kurang perhatian kepada Anak Buah Kapal (ABK), beda dengan jaman SBY dia selalu peduli dengan keadaan ABK,” paparnya.

Sebelumnya, warga negara Indonesia (WNI) jadi korban penyanderaan militan teroris asal Filipina, Abu Sayyaf. Kemudian ABK WNI tersebut berhasil dibebaskan dengan cara negosiasi. Namun dalam kabar yang beredar, WNI yang kembali disandera kali ini berjumlah tujuh orang.

”Iya paling tidak dengan adanya negosiasi (waktu pembebasan sandraan ABK kemarin) sudah menjadi pelajaran agar tidak terulang kembali. Apalagi ini masih dalam level ASEAN seharusnya bisa dikontrol,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harainindo.com)

x

Check Also

Miris, Siswa Ini Asyik Merokok Saat Guru Sedang Mengajar

Miris, Siswa Ini Asyik Merokok Saat Guru Sedang Mengajar

Jakarta – Foto siswa sekolah menengah atas (SMA) menjadi viral di dunia maya lantaran siswa ...