Home > Ragam Berita > Nasional > Mantan Ketua KPK Melihat Indikasi Perbuatan Melawan Hukum Dalam Kasus Sumber Waras

Mantan Ketua KPK Melihat Indikasi Perbuatan Melawan Hukum Dalam Kasus Sumber Waras

Jakarta – Perbuatan melawan hukum dalam pembelian lahan di RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI diindikasi terjadi. Hal tersebut pun diungkapkan Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)‎ Taufiequrachman Ruki. Nah, hal tersebut yang membuat BPK melakukan audit investigasi

Mantan Ketua KPK Melihat Indikasi Perbuatan Melawan Hukum Dalam Kasus Sumber Waras

Berdasar pemeriksaan keuangan Pemprov DKI pada 2014, ada temuan di nomor 30. Isinya, pembelian RS Sumber Waras menimbulkan efek kerugian Rp 191 miliar.

”Saya ingat betul. Saya pelajari semua. Saya pelajari dari perspektif auditor. Lihat ada indikasi perbuatan melawan hukum. Kerugian sudah pasti perbuatan melawan hukum,” tegasnya pada Kamis (23/6/16).

Selain ada kerugian sebesar Rp. 191 miliar, dicantumkan pula ‎pada audit investigatif pembelian lahan RS Sumber Waras sejumlah prosedur yang dilanggar Pemda DKI. ‎

Menurut dia, pembelian sebuah tanah dengan menggunakan anggaran negara biasanya cash and carry. Beg‎itu dibayar tanah itu langsung jadi milik Pemda DKI. Namun, dalam perjanjian lahan Sumber Waras, menjadi milik Pemda DKI setelah dua tahun kemudian.

”Logikanya, dari undang-undang keuangan negara itu udah nggak bener‎,” sindirnya.

‎Indikasi atau clue dalam bahasa penyelidikan kata Ruki sudah didapatkan. Untuk itu, tinggal ditindaklanjuti laporan BPK.

”Sayangnya, ketika masuk, masa jabatan saya sebagai Plt habis. Maka saya teruskan ke pimpinan yang baru karena perkaranya baru di tahap penyelidikan,” ‎pungkasnya. (Tita Yanuntari – harianindo.com)

x

Check Also

MUI Bakal Berhentikan Ishomuddin lantaran Hal Ini

MUI Bakal Berhentikan Ishomuddin lantaran Hal Ini

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Ahmad Ishomuddin akhirnya mendapat teguran keras dari masyarakat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis