Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Periksa Wakil Wali Kota Medan Terkait Kasus Gubernur Sumut

KPK Periksa Wakil Wali Kota Medan Terkait Kasus Gubernur Sumut

Medan – Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution diperiksa KPK. Pemeriksaan dilakukan terkait dengan kasus suap mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan tujuh tersangka anggota DPRD Sumut.

KPK Periksa Wakil Wali Kota Medan Terkait Kasus Gubernur Sumut

Akhyar Nasution adalah salah seorang di antara 29 orang saksi yang dipanggil. Dia pun bakal dimintai keterangan di Markas Komando Brimob pada Kamis (23/6/2016). Nah, dia pun harus memberikan keterangan terkait dengan aktivitas pengurus PDIP Sumut. Selain itu, dia harus memberikan keterangan ketika menjabat tenaga ahli Pansus DPRD Sumut 2015.

Setelah diperiksa KPK, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menjelaskan, dirinya mendapat penyidik 16 pertanyaan. Hal tersebut terkait denngan kinerja saat menjadi tenaga ahli DPRD Sumut.

”Ada 16 pertanyaan kalau tidak salah, dimulai tanya sehat apa enggak, keluarga sehat. Hingga sebagai tenaga ahli di Pansus DPRD Sumut,” ucap Achyar, mengenakan kemeja putih dengan menumpang kendaraan dinas plat merah BK 2 I warna hitam jenis Toyota.

Menjalani pemeriksaan sejak 09.00 wib hingga 13.20 WIB di ruang Benteng Huraba, Akhyar mengaku dirinya diperiksa sebagai saksi.

”Saya diperiksa sebagai saksi untuk 7 tersangka anggota DPRD Sumut. Saya diundang sebagai Wakil Walikota Medan, ternyata bukan sebagai wakil walikota, pada saat itu saya sebagai tenaga ahli di DPRD Sumut Januari 2015-Agustus 2015,” ujarnya.

”Ketika itu, Saya memang menjadi tenaga ahli DPRD Sumut periode Januari-Agustus 2015. Saya ditanya apa tugas dan fungsi tenaga ahli. Dalam LKPJ tahun anggaran 2014 merumuskan rekomendasi dalam LKPJ. APBD saya belum sempat bahas karena sudah mengundurkan diri tahun sebelum menjabat. Saat di tenaga ahli tidak ada aliran dana, dan juga tidak ikut saat ada proses interpelasi di PDRD Sumut,” papar Akhyar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Bakal Benahi Alur Pengaduan Warga di Balai Kota

Anies Bakal Benahi Alur Pengaduan Warga di Balai Kota

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga tidak pernah dilarang datang ke Balai ...