Home > Ragam Berita > Internasional > Media Filipina Gambarkan Keberanian Jokowi Tantang Tiongkok

Media Filipina Gambarkan Keberanian Jokowi Tantang Tiongkok

Manila – Tiongkok terus menerus menunjukkan arogansinya di wilayah kedaulatan Republik Indonesia. Tidak hanya sekali kapal-kapal dari Negeri Tirai Bambu memasuki perairan Natuna dan mencuri ikan disana.

Media Filipina Gambarkan Keberanian Jokowi Tantang Tiongkok

Pemerintah RI pun tidak tinggal diam. Lewat TNI AL, penembakan serta penangkapan atas kapal-kapal tersebut dilakukan. Bukannya mengakui kesalahan, Tiongkok justru melancarkan protes keras terhadap Indonesia.

Tiongkok mengklaim nelayan-nelayan mereka itu mencari ikan di wilayah tradisional, atau juga sering mereka sebut sebagai ‘nine dashed line’. Mereka juga menuduh TNI AL melecehkan nelayan-nelayan tersebut. Padahal, Natuna secara sah masuk dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun segera bertolak ke Kepulauan Natuna pada Kamis, (23/6/2016), sekaligus untuk menggelar rapat terbatas di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Imam Bonjol.

Presiden membawa pejabat tinggi negara seperti Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Tindakan berani Jokowi tersebut ternyata menjadi sorotan media di Filipina. The Manila Times. Pada Sabtu, (25/6/2016) menampilkan sebuah karikatur yang cukup provokatif.

Terlihat okowi memegang senjata khas Indonesia, bentuknya mirip sebuah keris, tapi dengan ukuran besar menyerupai pedang, dan sebuah perisai. Jokowi bertolak menyerbu seekor naga raksasa yang bertuliskan “China,” seolah ingin menebasnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Pasca Bom Di Konser Ariana Grande, 6 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

Pasca Bom di Konser Ariana Grande, 6 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

London – Pasca peristiwa bom bunuh diri di Konser Ariana Grande, di Manchester Arena, Inggris, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis