Home > Ragam Berita > Nasional > Sidang Isbat Idul Fitri 2016 Digelar 4 Juli

Sidang Isbat Idul Fitri 2016 Digelar 4 Juli

Jakarta – Rencananya, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada awal bulan Syawal 1437 H yang jatuh di hari Senin (4/7/2016) mendatang.

Sidang Isbat Idul Fitri 2016 Digelar 4 Juli

Dengan mekanisme isbat atau penetapan, Kemenang melalui Ditjen Bimas Islam akan menentukan berakhirnya bulan Ramadhan 1437 Hijriyah dan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H.

Muhammad Thambrin selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) mengungkapka jika sidang isbat akan bertempat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin No.6, Jakarta Pusat.

Sidang kali ini akan dihadiri oleh perwakilan dari sejumlah lembaga negara, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium.

Tidak hanya itu, hadir pula pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag, dan tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

”Sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan Kemenag, Ormas Islam, dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan bisa dilaksanakan bersama,” kata Thambrin dalam keterangan resmi kepada awak media, Senin (27/6/2016). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Tangkap 9 Orang saat Aksi di Depan Istana Merdeka

Polisi Tangkap 9 Orang saat Aksi di Depan Istana Merdeka

Jakarta – Pascapembubaran paksa aksi Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia di depan Istana Merdeka, Jakarta ...