Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : PDIP Berkomitmen Mengawal Pelaksanaan Keterbukaan Keuangan Global

Berita Terkini : PDIP Berkomitmen Mengawal Pelaksanaan Keterbukaan Keuangan Global

Jakarta – Beberapa catatan keberatan atau minderheids dilayangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal tersebut dilakukan terhadap rancangan undang-undang tentang pengampunan pajak.

Berita Terkini : PDIP Berkomitmen Mengawal Pelaksanaan Keterbukaan Keuangan Global

Menurut anggota Fraksi PDIP Gusti Agung Rai Wijaya, partainya memiliki komitmen. Yakni, melakukan pengawalan pelaksanaan keterbukaan keuangan global. Program tersebut bakal dilaksanakan pada 2017.

”Pertimbangan minderheids diambil demi tanggung jawab kerakyatan pemerintah Jokowi-JK dan tanggung jawab sejarah untuk menciptakan sistem perpajakan yang berkeadilan,” katanya pada Senin (27/6/2016).

”Seharusnya, prinsip keadilan lewat akses informasi tersebut harus ditegakkan lebih dulu sebelum memberi pengampunan pajak,” ucapnya.

Fraksi PDIP kata Agung juga menyampaikan beberapa catatan soal RUU Tax Amnesty. Yaitu yang pertama, keberhasilan UU pengampunan pajak sangat tergantung kepada kebijakan reformasi perpajakan. Masalah yang kerap muncul selama ini yaitu kepatuhan pajak rendah, penegakan hukum belum efektif dan penghindaran pajak yang tinggi.

”Yang kedua, target penerimaan denda pajak tidak dimasukkan dalam APBN-P 2016. Mengingat data asumsi nilai pajak dalam RUU sangat variatif dan resiko penerimaan denda akan terakumulasi dalam APBN-P 2016. Prinsip kehati-hatian dalam melahirkan struktur APBN-P yang kredibel harus menjadi tanggung jawab bersama,” katanya.

PDIP kata dia juga mendukung upaya pemerintah terhadap hukum berkeadilan bagi wajib pajak.

”Sehingga harus ada pemisahan kategori repatriasi antara harta yang masih ada di luar NKRI dan di dalam NKRI. Untuk mekasime dalam NKRI, denda 10 persen untuk tiga bulan pertama dan 15 persen untuk tiga bulan berikutnya serta wajib diinvestasikan dalam negeri selama tiga tahun,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Jakarta – Sejumlah tokoh senior dari lintas agama dan budaya berkumpul dalam Forum Sesepuh Bangsa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis