Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mudik 2016 : Waspadai Bahaya Dehidrasi

Tips Mudik 2016 : Waspadai Bahaya Dehidrasi

Jakarta – Mudik memang telah menjadi tradisi setiap Lebaran. Selain itu, perjalanan mudik adalah sesuatu yang menyenangkan. Namun, para pemudik membutuhkan persiapan ekstra. Tujuannya, perjalanan berjalan lancar. Selain tiket, kesehatan harus diperhatikan.

Tips Mudik 2016 : Waspadai Bahaya Dehidrasi

Menurut ahli gizi dr Tirta Prawita Sari MSc SpGK, perjalanan saat mudik rentan terserang dehidrasi. Sebab, hal tersebut dapat mengakibatkan defisit elektrolit hingga gangguan ginjal.

”Pada pemudik baik yang melakukan perjalanan darat maupun laut, dehidrasi cukup menghantui. Dehidrasi perlu diperhatikan. Kurang cairan memicu defisit elektrolit dan berefek samping pada gangguan jantung hingga ginjal,” katanya.

Umumnya, dehidrasi terjadi karena cuaca yang panas dan tubuh yang menjalankan puasa. Dehidrasi pun akan semakin diperparah jika pemudik melakukan perjalanan pada siang hari.

”Untuk mencegah dehidrasi, pemudik perlu memperhatikan asupan cairan, mengonsumsi makanan yang seimbang. Jangan mengonsumsi makanan manis. Pilih makanan yang karbohidratnya kompleks seperti ubi, kentang, beras merah, roti gandum,” jelasnya.

Sementara untuk minuman elektrolit, Tirta hanya menganjurkan dikonsumsi siang hari. ”Untuk minuman berelektrolit bisa dikonsumsi terutama oleh pemudik yang mengendarai sepeda motor di siang hari,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tips dan Trik Mendeskripsikan Diri Saat Wawancara Kerja

Tips dan Trik Mendeskripsikan Diri Saat Wawancara Kerja

Jakarta – Permintaan untuk menceritakan tentang diri sendiri saat dalam wawancara kerja adalah salah satu ...