Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : 43 Korban Tewas karena Bentrok Pemerintah Sudan dan Kelompok Bersenjata

Berita Internasional : 43 Korban Tewas karena Bentrok Pemerintah Sudan dan Kelompok Bersenjata

Wau – Pasukan pemerintah Sudan dan kelompok bersenjata telibat bentrok. Akibatnya, 43 orang meninggal. Berdasar informasi yang diperoleh, bentrokan tersebut berlangsung di Kota Wau, Sudan Selatan.

Berita Internasional : 43 Korban Tewas karena Bentrok Pemerintah Sudan dan Kelompok Bersenjata

Selama ini, ribuan kabur. Sebab, mereka menghindari perang saudara di Sudan. Sebagaimana diketahui, perang tersebut terjadi setelah mereka meraih kemerdekaan. Selama lima tahun merdeka, mereka pun telah bersepakat berdamai dengan pemberontak. Namun, hingga kini, kekerasan masih kerap terjadi.

Pasukan pemerintah selama ini diketahui telah berjuang melawan para pemberontak pengikut Ali Tamin Fatan. Ia adalah seorang pemimpin milisi yang mencoba untuk menguasai wilayah barat dekat perbatasan Republik Afrika Tengah (CAR).

”Berdasar laporan yang diperoleh sejauh ini, terdapat 39 mayat dan empat lainnya adalah anggota polisi. Jumlah tersebut bisa saja bertambah karena korban dari pihak tentara belum masuk hitungan,” ujar Juru Bicara Pemerintah Sudan Makuei Lueth sebagaimana diberitakan Reuters pada Rabu (28/6/2016).

Menurut keterangan dari Lueth, Fatan yang selama ini berusaha untuk mendirikan sebuah Negara Islam telah melancarkan serangan di seluruh wilayah Uganda. Kendati demikian, Lueth tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Sudan Selatan selama ini terus menerus diguncang oleh pertempuran dari berbagai kelompok bersenjata dengan tujuan untuk menguasai kontrol atas hak tanah dan cadangan minyak.

Buntut peperangan di Sudan Selatan ini, PBB mencatat sekira 12 ribu orang telah mengungsi dengan pusat perkumpulan di wilayah perbatasan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...