Home > Ragam Berita > Nasional > Pak Dhe Karwo Pastikan Tak Ada Peredaran Vaksin Palsu di Jatim

Pak Dhe Karwo Pastikan Tak Ada Peredaran Vaksin Palsu di Jatim

Surabaya – Vaksin palsu dipastikan tidak akan tersebar di Jawa Timur. Hal tersebut ditegaskan Gubernur Jatim Soekarwo. Sebab, Pemprov Jatim kini telah bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Kesehatan Jatim.

Pak Dhe Karwo Pastikan Tak Ada Peredaran Vaksin Palsu di Jatim

”Saya sudah minta Kadinkes Jatim Pak Harsono ngecek, dan hasilnya tidak ada pengedaran,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya menginstruksi Dinkes Jatim dan BPOM terus memeriksa setiap vaksin yang beredar di Jawa Timur. Selain di rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta pun tidak luput dari pemeriksaan. ”Pemeriksaan harus tetap menyeluruh, dan semoga tidak hasilnya tetap tidak ada,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Jatim Harsono saat dikonfirmasi, mengatakan rumah sakit milik pemerintah daerah menggunakan vaksin asli. Vaksin tersebut adalah vaksin yang diberikan langsung dari kementerian kesehatan dan didapatkan secara gratis. “Vaksin yang kami gunakan diperoleh melalui jalur resmi, jadi tidak mungkin ada pihak yang memproduksi secara ilegal,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan berita terdapatnya vaksin palsu yang beredar di rumah sakit yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Vaksin palsu ini sangat berbahaya, dan peredarannya diketahui sudah sejak 2003 silam. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jember Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR

Jember Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR

Jember – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur ...