Home > Ragam Berita > Internasional > Taiwan Tidak Sengaja Luncurkan Rudal Hsiung-feng III

Taiwan Tidak Sengaja Luncurkan Rudal Hsiung-feng III

Taipei – Kapal perang Taiwan meluncurkan rudal supersonik ke arah wilayah China. Hal tersebut terjadi pada Jumat (1/7/2016). Sebagaimana diberitakan dari AFP pada Sabtu (2/7/2016), rudal Hsiung-feng III tidak sengaja diluncurkan.

Taiwan Tidak Sengaja Luncurkan Rudal Hsiung-feng III

Untungnya, rudal tersebut tidak mencapai wilayah China dan hanya terbang sejauh 75 kilometer hingga rudal itu jatuh di wilayah perairan Pulau Penghu (salah satu gugusan pulau yang berada di Selat Taiwan).

Angkatan Laut (AL) Taiwan mengklaim tidak tahu bagaimana atau mengapa rudal tersebut dapat meluncur. Namun saat ini mereka menyampaikan peluncuran tersebut tampaknya sebuah human error.

”(Dari) investigasi awal kami menemukan (fakta) bahwa operasi itu (peluncuran rudal Hsiung-feng III) tidak berdasarkan prosedur yang normal,” ujar Laksamana madya Mei Chia-shu.

Selain itu, dia menekankan saat ini penyelidikan mengenai peluncuran rudal tersebut sedang berlangsung. Namun, satu hal yang pasti jika rudal tersebut secara tidak sengaja masuk ke wilayah China, maka insiden ini bisa diartikan sebagai bentuk pemberontakan oleh Negeri Tirai Bambu.

Sebab hingga saat ini China tidak pernah mengakui Taiwan sebagai negara yang berdaulat dan memberikan justifikasi bahwa Taiwan merupakan bagian dari Negeri Tirai Bambu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

La Paz – Seorang perawat pria bernama Grover Macuchapi (27) harus berurusan dengan polisi setelah ...