Home > Ragam Berita > Nasional > PRT Mudik, Pembantu Infal Jadi Solusi

PRT Mudik, Pembantu Infal Jadi Solusi

Depok – Beberapa hari lagi masyarakat bakal merayakan Lebaran. Tidak terkecuali pembantu rumah tangga (PRT), Mereka pun biasanya bakal mudik. Karena itu, jasa pembantu infal sangat dibutuhkan sebagai pengganti.

PRT Mudik, Pembantu Infal Jadi Solusi

Nah, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun mengimbau para orang tua harus selektif. Hal tersbut diperlukan saat memilih jasa pembantu infal.

Ketua KPAI Asrorun Ni’am mengatakan, banyak orangtua pasangan muda yang mengandalkan jasa pembantu infal. Namun, ia meminta orangtua memilih jasa pembantu infal yang memang terampil.

”Waspada pembantu infal. Pasangan muda-mudi pasti andalkan pengasuhan anak ke pembantu. Rata-rata pembantu mudik dan banyak jasa pembantu infal,” katanya di Depok pada Jumat (1/7/2016).

Asrorun meminta orangtua berhati-hati dan mengantisipasi kasus penelantaran anak oleh pembantu infal. Ia menegaskan orangtua harus memilih jasa yang dapat amanah dan bertanggung jawab.

”Hati-hati. Tanggung jawab pengasuhan harus tetap ada di orangtua. Banya kasus penelantaran dan kekerasan justru dilakukan orang terdekat karena orang tua tidak berikan kontrol memadai,” tegasnya.

Karena itu, dia mengimbau agar orangtua mengetahui latar belakang jasa pembantu infal. Jika memang harus melakukan pengasuha anak, tetap harus diawasi.

”Ketahui latar belakangnya. Tahu riwayatnya. Jika terkait langsung dengan pengawasan anak jangan dilepas begitu saja harus ada pengawasan,” tuturnya.

x

Check Also

Aksi Bela Palestina Rencananya Digelar Pada 17 Desember

Aksi Bela Palestina Rencananya Digelar Pada 17 Desember

Jakarta – Kabar terbaru dari Ma’ruf Amin selaku Ketum MUI menjelaskan bahwa akan ada Aksi ...