Home > Ragam Berita > Nasional > Info Arus Mudik: Puncak Kepadatan di Tol Palimanan Diperkirakan 70.000 Kendaraan per Hari

Info Arus Mudik: Puncak Kepadatan di Tol Palimanan Diperkirakan 70.000 Kendaraan per Hari

Jakarta – Jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada hari Jumat (1/7/2016) pukul 06.00 hingga Sabtu (2/7/2016) pukul 06.00 WIB tercatat 58.800 kendaraan per hari. Jumlah ini jauh lebih banyak dari tahun lalu.

Info Arus Mudik: Puncak Kepadatan di Tol Palimanan Diperkirakan 70.000 Kendaraan per Hari

Hal ini dijelaskan langsung oleh Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), selaku operator jalan Tol Cipali, Hudaya Arryanto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (2/7/2016)

“Angka ini naik 25 persen dari volume sehari sebelumnya yang tercatat 47.003 kendaraan perhari. Angka ini juga lebih tinggi dari volume tertinggi tahun lalu di GT Palimanan yang tercatat 53.420 kendaraan perhari,” kata Hudaya Arryanto.

Menurut Hudaya, angka ini naik lima kali lipat bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali di hari biasa yang hanya mencapai rata-rata 12.000 kendaraan per hari.

“Untuk arus mudik tahun ini, diprediksikan puncak kepadatan di gerbang tol Palimanan dapat mencapai 65.000-70.000 kendaraan perhari,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi puncak arus mudik tahun ini, PT. LMS menambah gardu pembayaran tol di pintu masuk Tol Copali dari 11 gardu menjadi 26 gardu.

“Selain itu, fasilitas pembayaran elektronik dapat dilayani oleh empat bank yaitu BCA, Mandiri, BRI, dan BNI,” ucap Hudaya.

Untuk mempercepat pelayanan pembayaran di pintu masuk Tol Cipali, PT. LMS mengambil dua langkah antisipasi khusus untuk kendaraan Golongan I (mobil pribadi dan bus) yang paling banyak melewati jalan Tol Cipali, mulai dari tanggal 1-5 Juli 2016.

Yang pertama, pembulatan tarif tol ke bawah, khusus untuk pembayaran secara tunai di Gerbang Tol (GT) Palimanan untuk kendaraan Golongan I dengan asal perjalanan dari GT Cikarang Utama. Tarif normal Rp109.500 akan dibulatkan ke bawah menjadi Rp108.000. Dengan pembulatan ini, waktu transaksi akan lebih cepat karena tidak harus mempersiapkan uang koin.

Yang kedua, dengan menjual voucher tol prabayar okendaraan Golongan I dengan asal-tujuan, Cikarang Utama-Palimanan.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Jakarta – Saat Ahok menjabat, dirinya selalu mengunggah video rapat ke Youtube. Alasannya agar masyarakat ...