New Delhi – Aktor film Bollywood, Irrfan Khan, menuai kecaman dan hujatan dari para ulama Islam India akibat komentarnya yang menyinggung kaum muslim terkait ritual kurban.

Kritikan Irrfan Khan Tentang Ibadah Kurban Umat Muslim Menuai Kecaman

Pada Kamis (30/6/2016), aktor berusia 49 tahun ini mengatakan, “Kita melakukan ritual (kurban) ini tanpa memahami arti di baliknya.”

Para ulama kemudian bereaksi dengan mengatakan agar Irrfan Khan lebih memfokuskan dirinya di bidang akting saja dan menahan diri untuk tidak mengeluarkan pernyataan sembarangan terkait agama.

“Arti qurban adalah mengurbankan sesuatu yang dekat dengan Anda, bukannya kambing atau domba yang Anda bisa beli untuk dikurbankan,” kata Khan kepada koran Deccan Herald.

Tidak hanya terkait kurban, aktor yang pernah berperan di film The Life of Pi dan Slumdog Millionaire juga mengomentari soal bulan Ramadhan.

“Daripada berpuasa selama Ramadan, orang seharusnya mengkaji diri sendiri. Binatang disembelih atas nama kurban selama Muharram. Kita, kaum Muslim, telah mencela Muharram. Seharusnya kita berduka dan apa yang kita lakukan? Berpawai,” katanya.

Seorang ulama dari dari Jamaat-e-Ulema-e-Hind, salah satu organisasi Islam terbesar di India bahkan mengatakan bahwa komentar Khan tersebut hanya untuk mempromosikan filmnya.
(Samsul Arifin)