Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Pencegahan Penyakit Tiroid, Prodia Gelar Seminar Dokter

Pencegahan Penyakit Tiroid, Prodia Gelar Seminar Dokter

Surabaya – Roadshow Seminar bertema “Good Doctor For The Great Family – Seminar on Managing Thyroid Disorders” telah dimulai dengan kota Malang sebagai kota pertama dari 16 kota besar penyelenggaraan seminar nasional tersebut.

Pencegahan Penyakit Tiroid, Prodia Gelar Seminar Dokter

Latar belakang Laboratorium Klinik Prodia mengadakan roadshow seminar dokter dengan tema ini karena masih minimnya pengetahuan tentang gangguan tiroid dan belum adanya perhatian khusus akan penyakit ini. Menurut WHO baru-baru ini memperkirakan sekitar 750 juta penduduk dunia mengalami gangguan tiroid, bahkan bisa melebihi prevalensi diabetes melitus nantinya.

Indonesia sendiri menduduki peringkat tertinggi di Asia Tenggara dalam gangguan tiroid, yaitu lebih dari 1.7 juta orang menurut hasil survei terbaru IMS Health. Oleh sebab itu, penegakkan diagnosis dan tata laksana dini sangat menentukan prognosis penderitanya.

Penatalaksanaan penyakit tiorid yang tepat didasarkan pada diagnosis yang akurat dari gambaran klinis, riwayat pasien, pemeriksaan fisik mengenai perubahan anatomi pada kelenjar tiroid dan interpretasi hasil tes laboratorium.

Kelenjar tiroid memiliki fungsi yang penting, yaitu sebagai pengendali utama metabolisme tubuh sehingga berperan penting dalam kesehatan tubuh seseorang.

Akan tetapi masih minimnya pengetahuan dan belum menjadi perhatian khusus bagi masyarakat, menyebabkan banyak orang yang tidak menyadari datangnya gangguan yang bisa terjadi pada kelenjar tiroid ini yang jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi kronis.

Pencegahan Penyakit Tiroid, Prodia Gelar Seminar Dokter

Tanpa penangganan yang tepat, gangguan kelenjar tiroid bisa berakibat fatal terhadap kesehatan bahkan bukan tidak mungkin gangguan tiroid bisa menyebabkan kematian.

Pemahaman pemeriksaan fungsi tiroid adalah berdasarkan apa yang diukur dalam suatu tes, kemampuannya dan faktor lain yang mempengaruhinya. Adanya perkemmbangan yang sangat pesat dalam teknologi pemeriksaan laboratorium, seperti peningkatan sensitivitas dan spesifisitas metodologi pemeriksaan, menjadikan pemeriksaan laboratorium sangat penting untuk diagnosis, terapi dan pemantauan penyakit tiroid.

Nantikan roadshow selanjutnya di Kota Pahlawan Surabaya Sabtu, 23 Juli 2016 bertempat di Grha Prodia Surabaya yang akan diulas lebih lengkap oleh Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD-KEMD, FINASIM dan Dr. Marita Kaniawati, MSi serta dimoderatori oleh dr. Hermina Novida, SpPD-KEMD, FINASIM, Info lebih lanjut hubungi 289 53 999. (Hendy – harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Jakarta – Hijab bukan hanya bagian dari busana, tapi menjadi hal yang diwajibkan dalam agama ...