Home > Ragam Berita > Nasional > Info Arus Mudik 2016: Arus Balik H+2 di Cileunyi Mulai Meningkat

Info Arus Mudik 2016: Arus Balik H+2 di Cileunyi Mulai Meningkat

Bandung – Hingga H+2 Lebaran 2016, arus balik yang melewati jalur Nagreg hingga Rancaekek masih terlihat lancar. Namun memasuki Cileunyi yang merupakan pertemuan arus dari Nagreg dan Sumedang mulai terlihat padat.

Info Arus Mudik 2016: Arus Balik H+2 di Cileunyi Mulai Meningkat

“Untuk situasi arus balik di Cileunyi dari sejak Kamis (7/7/2016) kemarin sudah ada peningkatan 30 persen, dan untuk malam ini meningkat 60 persen,” ucap Kapolsek Cileunyi Kompol Edi Suwandi, di Pos Polisi Cileunyi, Jumat ( 8/7/2016) sekitar pukul 20.30 WIB.

Menurut Edi, arus balik kendaraan yang melintasi Cileunyi hingga malam hari ini masih didominasi kendaraan roda dua. Sempat padat pada sore hari tadi namun kemudian kembali lancar pada sekitar pukul 19.00 WIB sehingga petugas belum perlu melakukan pengalihan arus.

“Sempat sore sekitar pukul 17.30 WIB meningkat padat namun masih bisa bergerak, kalau kendaraan yang mengarah tol sudah mengantri panjang, sampai puteran satu yang mengarah balik ke Cibiru pengalihan arus segera kita lakukan, kalau sekarang masih seperti biasa,” terang Edi.

Lebih lanjut Edi menerangkan, bila terjadi kepadatan di jalur Cileunyi maka pihaknya akan melakukan pengalihan arus dimana kendaraan yang masuk ke Bandung melalui pintu tol atau melalui Cibiru akan dibagi dua. Untuk kendaraan yang masuk Bandung dari Rancaekek melalui Cibiru maka petugas akan membuka jalan lurus di perempatan Cileunyi.

“Sementara kalau arus kendaraan yang datang dari arah Jalur Tengah (Sumedang) melalui Cibeusi atau perempatan Jatinangor akan dibelokan ke sebelah kiri untuk putar balik ke bunderan ABC Rancaekek, baru mengarah ke arah Tol Cileunyi atau Cibiru jalur lurus,” tambahnya.

Sedangkan untuk terminal bayangan di Cileunyi, Edi menghimbau kepada para sopir bus untuk tidak berhenti terlalu lama karena akan menyebabkan kemacetan dan antrian kendaraan, karena arus balik yang melewati jalur Cileunyi diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Sabtu (9/7/2016) dan Minggu (10/7/2016).

“Untuk bus di terminal bayangan kita telah meminta agar mereka berhenti di situ hanya untuk menurunkan dan menaikkan penumpang saja, jangan lama-lama dan besok sepertinya akan terjadi puncak arus balik,” pungkasnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Buya Syafii Ragukan Kebangkitan PKI di Indonesia

Buya Syafii Ragukan Kebangkitan PKI di Indonesia

Jakarta – Isu kebangkitan PKI akhir-akhir ini membuat Ahmad Syfaii Maarif (Buya Syafii) ikut angkat ...