Home > Otomotif > Mobil > Ini Yang Perlu Dilakukan Saat Mesin Mobil Terlalu Panas

Ini Yang Perlu Dilakukan Saat Mesin Mobil Terlalu Panas

Jakarta – Perjalanan mudik atau balik dengan menggunakan mobil biasanya akan beresiko mengalami kemacetan di jalan. Sedangkan salah satu gangguan yang sering terjadi saat mobil terjebak macet yaitu mesin mobil mengalami overheat atau panas yang berlebihan.

Ini Yang Perlu Dilakukan Saat Mesin Mobil Terlalu Panas

Untuk mengatasinya, segeralah menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. Sebaiknya biarkan kunci kontak dalam posisi on/acc untuk mempercepat proses pendinginan karena pada posisi itu kipas pendingin menyala (bila kipas tidak rusak).

Biarkan hingga selama 15 sampai 20 menit.

Untuk membantu mempercepat proses pendinginan, dapat dengan cara menyiramkan air bersih ke radiator.

Namun yang perlu diingat, jangan langsung membuka tutup radiator karena sangat berbahaya. Tekanan panas di dalam radiator dapat menyebabkan air menyembur keluar bila tutup langsung dibuka begitu saja.

Sebaiknya biarkan dulu selama kurang lebih 15 menit, lalu buka tutup radiator dengan menggunakan lap basah. Lakukan secara perlahan agar uap panas di dalamnya keluar terlebih dahulu, lalu buka buka penutupnya.

Isi radiator dengan air bersih hingga penuh. Hidupkan mesin dengan keadaan tutup radiator masih belum terpasang karena biasanya air radiator akan berkurang begitu mesin dinyalakan. Isi kembali radiator hingga air tidak kembali berkurang saat mesin menyala. Setelah air tidak berkurang, tutup kembali lubang radiator dan Anda dapat kembali melanjutkan perjalanan.

Jika kejadian tersebut terulang dalam waktu yang tidak terlalu lama (kurang dari satu jam), ulangi langkah di atas hingga Anda menemukan bengkel terdekat, karena itu tandanya proses pendinginan mesin mobil Anda mengalami masalah.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Wow, Ternyata Segini Besarnya Pajak Mobil Koenigsegg CCX Yang Diduga Milik Raffi Ahmad

Wow, Ternyata Segini Besarnya Pajak Mobil Koenigsegg CCX Yang Diduga Milik Raffi Ahmad

Jakarta – Netizen dibuat terkejut dengan unggahan foto oleh komika dan penulis Raditya Dika yang ...