Home > Ragam Berita > Internasional > Wow, Pengembangan Militer Afghanistan Memakan Triliunan Rupiah

Wow, Pengembangan Militer Afghanistan Memakan Triliunan Rupiah

Sydney – Pemerintah Australia turut membantu perkembangan militer di Afghanistan. Mereka pun berencana bakal memberikan anggaran USD 300 juta (sekitar Rp3,9 triliun). Dana tersebut bakal dipakai untuk membangun militer Afghanistan.

Wow, Pengembangan Militer Afghanistan Memakan Triliunan Rupiah

Nah, hal tersebut pun telah ditegaskan pada Jumat (8/7/2016). Pernyataan tersebut diungkapkan jelang KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Warsawa, Polandia.

Konferensi tingkat tinggi yang diadakan selama dua hari tersebut akan menjadikan kelemahan keamanan di Afghanistan sebagai topik pembahasan utama. Salah satunya adalah masalah pendanaan.

Untuk itu, Negeri Kanguru berjanji akan menyalurkan bantuan dana sebesar USD500 juta pada periode 2010-2017. Sementara, sekutu terdekatnya, AS melalui Presiden Barack Obama telah mengumumkan akan menunda pemulangan pasukan mereka di negara Asia Selatan tersebut sampai akhir tahun ini.

Namun begitu, dana bantuan akan diberikan secara bertahap, yakni USD100 juta per tahun hingga 2020. Sebagaimana diberitakan Reuters pada Sabtu (9/7/2016), bantuan dana per tahun itu terdiri atas USD80 juta untuk Tentara Nasional Afghanistan dan sisanya untuk kepolisian negara tersebut.

Sebelumnya, AS berencana tetap menempatkan 8.400 pasukannya sampai Januari saja. Sementara itu, ada sekira tiga ribu pasukan internasional lain di bawah pimpinan NATO yang turut bertugas di Afghanistan.

Pejabat tinggi Australia dikabarkan tidak akan menghadiri KTT NATO di Warsawa itu, mengingat ketegangan dalam negeri sedang memanas akibat pemilihan umum. Hingga saat ini, pemilu PM Australia belum juga memberi kejelasan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Iran Mengancam Akan Meluluhlantakkan Tel Aviv dan Haifa

Iran Mengancam Akan Meluluhlantakkan Tel Aviv dan Haifa

Teheran – Hubungan Iran-Israel semakin memanas, hal ini tak lain karena pernyataan Militer Iran yang ...