Home > Teknologi > Sains > Wow, Planet Mars Ternyata Mengandung Kadar Garam Tinggi

Wow, Planet Mars Ternyata Mengandung Kadar Garam Tinggi

Washington – Beberapa waktu lalu, para astronom mendapatkan sebuah hasil penelitian yang sangat membikin heboh. Yakni, tentang perchlorate atau garam di planet Mars. Nah, jumlahnya pun mencapai 10 ribu kali lebih banyak daripada Bumi.

Wow, Planet Mars Ternyata Mengandung Kadar Garam Tinggi

Nah, berdasar penelitian tersebut, hal itu tentu memiliki dua sisi. Bisa menguntungkan, bisa juga merugikan. Selain itu, proyek tinggal di Mars pada masa depan bakal terancam. Sebab, kada garam tersebut sangat berbahaya bagi manusia.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Jumat (8/7/2016), perchlorate memungkinkan air untuk tetap cair di Mars, meskipun tekanan atmosfer di planet tersebut hanya sekitar 0,6 peren dari Bumi. Di sisi lain, ion negatif tersebut membuktikan efek merugikan.

Perchlorate berperan dalam mempertahankan cairan air, tetapi akan menjadi racun saat diminum dan juga tidak akan mendukung komunitas mikroba. Di Bumi, mikroorganisme garam berkembang di Laut Mati. Namun, garam Laut Mati tidak seperti garam perchlorate, dan air di permukaan Mars jauh lebih asin jika dibandingkan dengan Laut Mati.

Pada 2009, pesawat luar angkasa Phoenix mengidentifikasi bahwa bahan kimia tersebut berada di mana-mana sekitar Planet Mars. Pada September 2015, Mars Reconnaissance Orbiter mengidentifikasi tingkat garam perchlorat yang sangat tinggi di tempat bernama Recurring Slope Linease (RSL), yakni permukaan planet yang menopang aliran air.

Dengan demikian, perchlorat bisa memegang kunci untuk memahami air bawah tanah, dan juga mikroorganisme yang memberikan wawasan di ranah biologi. Selain itu, bisa membantu menentukan tempat pendaratan manusia, dan mengubah desain Mars yang menyerupai Bumi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...