Home > Olahraga > Bola > Kalahkan Tuan Rumah Prancis di Final, Portugal Juara Piala Eropa 2016

Kalahkan Tuan Rumah Prancis di Final, Portugal Juara Piala Eropa 2016

Saint-Denis – Meskipun langkah Portugal sempat terseok-seok di babak fase grup, namun Ronaldo dkk berhasil membuktikan dirinya yang terbaik di Eropa setelah mengalahkan tuan rumah Prancis dengan skor 1-0 di final dan menjadi juara Piala Eropa 2016.

Kalahkan Tuan Rumah Prancis di Final, Portugal Juara Piala Eropa 2016

Satu-satunya gol yang tercipta di final yang dilangsungkan di Stade de France, pada Senin (11/7/2016) dini hari WIB dibuat oleh Eder pada babak tambahan, yang menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79.

Menurut catatan statistik UEFA, tuan rumah Prancis sebenarnya lebih banyak menciptakan peluang dengan 17 kali percobaan tembakan yang 7 diantaranya tepat sasaran. Sedangkan Portugal hanya menciptakan 9 peluang dimana 3 diantaranya tepat sasaran.

Les Bleus pada partai final tadi juga seharusnya diuntungkan dengan keluarnya Cristiano Ronaldo karena mengalami cedera, namun peluang tersebut tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Antoine Griezmann dkk.

Kesulitan Prancis dalam menciptakan gol juga tidak lepas dari penampilan gemilang kiper Portugal Rui Patricio yang beberapa kali berhasil menyelamatkan gawangnya dari gempuran anak asuh Didier Deschamps.

Pada babak normal 2 kali 45 menit belum ada satu gol pun yang tercipta, sehingga pertandingan harus diteruskan dengan babak tambahan.

Eder yang baru masuk menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79 berhasil membuat Portugal menjadi juara lewat gol yang ia ciptakan pada menit ke-109 setelah lepas dari penjagaan Laurent Koscielny dan berhadapan dengan kiper Hugo Lloris.

Dengan kemenangan ini Portugal berhasil mencatatkan sejarah baru dengan pertama kalinya menjadi juara Piala Eropa.

Portugal (4-1-3-2): 1-Rui Patricio; 3-Pepe, 4-Jose Fonte, 5-Raphael Guerreiro, 21-Cedric Soares; 14-William Carvalho; 10-Joao Mario, 23-Adrien Silva (8-Joao Moutinho 66′), 16-Renato Sanches (9-Eder 79′); 7-Cristiano Ronaldo (20-Ricardo Quaresma 25′), 17-Luis Nani
Pelatih: Fernando Santos

Perancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 3-Patrice Evra, 21-Laurent Koscielny, 22-Samuel Umtiti, 19-Bacary Sagna; 14-Blaise Matuidi, 15-Paul Pogba; 7-Antoine Griezmann, 8-Dimitri Payet (20-Kingsley Coman 58′), 18-Moussa Sissoko (11-Anthony Martial 110′); 9-Olivier Giroud (10-Andre-Pierre Gignac 78′)
Pelatih: Didier Deschamps
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Wolfsburg Incar Pemain MU Ini

Wolfsburg Incar Pemain MU Ini

Wolfsburg – Klub Bundesliga Jerman, VfL Wolfsburg, diberitakan sedang mempertimbangkan untuk mendatangkan Anthony Martial dari ...