Home > Ragam Berita > Nasional > Mendikbud Nilai Surat Perjanjian Sekolah dan Orang Tua Soal Hukuman Itu Tidak Perlu

Mendikbud Nilai Surat Perjanjian Sekolah dan Orang Tua Soal Hukuman Itu Tidak Perlu

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menilai surat perjanjian antara sekolah dan orang tua yang telah beredar dan menjadi bahan perbincangan dalam beberapa hari ini tidak diperlukan.

Mendikbud Nilai Surat Perjanjian Sekolah dan Orang Tua Soal Hukuman Itu Tidak Perlu

“Enggak perlu pakai delik aduan atau sistem kontrak seperti itu kalau ada masalah. Surat kontrak dan lain lain itu tidak perlu. Harusnya kita mencegahnya, caranya bagaimana? Harus bangun interaksi, awalnya dari hari pertama sekolah ini,” jelas Anies di Gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Menurut Anies, bentuk hukuman terhadap siswa dengan mencubit, menjewer, atau bentuk kekerasan fisik lainnya tidak perlu dilakukan. Orang tua juga sebaiknya mengkomunikasikan kepada sekolah bila ada yang salah dengan anaknya.

“Kita minta guru menyambut orang tua, jangan cuma salaman tapi harus kenalan harus kontak informasi, jelaskan tentang rencana pembelajaran. Guru harus meminta orangtuanya menjelaskan apa yang harus dilakukan kepada anak bapak ibu sekalian,” papar Anies.

“Namun orang tua mau lapor jika anak anaknya kenapa-kenapa masa tidak boleh? Tapi poinnya adalah pencegahan, komunikasi antar orang tua dan guru harus terjalin dengan baik,” sambung Anies.

Mendikbud Nilai Surat Perjanjian Sekolah dan Orang Tua Soal Hukuman Itu Tidak Perlu

Karena itu menurut Anies, hari pertama masuk sekolah adalah momentum yang paling baik untuk membangun komunikasi antara guru dan orang tua.

“Hari pertama jadi kesempatan yang sama, saya minta orang tua seluruhnya hadir. Mari membuat pengalaman yang berkesan bagi anak anak kita diantar ke sekolah bersama bapak ibunya,” kata Anies.

“Agar tejadi revolusi mental dalam memandang peran sekolah dan oeran orang tua harus sama-sama diperhatikan,” imbuhnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Jakarta – Permasalahan hukum yang tengah membelit Pimpinan Forum Pembela Islam (FPI) Rizieq‎ Syihab diharapkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis