Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : KPU Minta Presiden Segera Lantik Komisioner Baru

Berita Terkini : KPU Minta Presiden Segera Lantik Komisioner Baru

Jakarta – Saat ini, posisi komisioner KPU sedang kekurangan orang. Namun, mereka bakal mempunyai anggota baru. Nah, 7 anggota komisioner pun bakal lengkap. Hal tersebut pun telah sesuai dengan UU. Rencananya, minggu ini, Presiden bakal diminta untuk segera melakukan pelantikan komisioner baru.

Berita Terkini : KPU Minta Presiden Segera Lantik Komisioner Baru

Salah satu komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan berdasarkan mekanisme nomor urut calon anggota KPU tahun 2012, calon nomor urut 8 Hasyim Asy’ari akan diangkat menjadi komisioner baru.

”Di dalam Undang-undang dikatakan anggota KPU itu 7 orang. Jadi kami harus punya pengganti Pak Husni. Tadi sudah diputuskan kami akan menulis surat kepada Presiden untuk melantik calon nomor 8 dalam minggu ini,” kata Hadar di kantornya pada Senin (11/7/2016).

Menurut dia, Hasyim Asy’ari berada di nomor 8 calon anggota KPU sehingga pada saat itu tidak dilantik menjadi komisioner. Pelantikan Hasyim juga baru akan dilakukan bila yang bersangkutan masih memenuhi syarat sebagai komisioner.

Sedangkan 6 anggota komisioner KPU yang tersisa termasuk Hadar Nafis Gumay sudah mulai menyiapkan Ketua KPU yang baru menggantikan Husni Kamil Malik yang meninggal pada Kamis (7/7/2016).

Pemilihan ketua baru akan dilakukan dalam rapat pleno minggu depan. Namun sebelum memilih ketua baru, mereka akan terlebih dulu memilih Plt Ketua KPU. Pemilihan Plt sendiri akan dilakukan dalam rapat pleno besok pukul 10.00 WIB. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres 2019 memang masih lama, namun beragam dukungan sudah mulai bermunculan untuk Presiden ...