Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Mendikbud Tegaskan Guru yang Terlibat Pungli Bakal Disanksi

Berita Terkini : Mendikbud Tegaskan Guru yang Terlibat Pungli Bakal Disanksi

Jakarta – Indonesia kini berbenah untuk memberantas punguan liar atau pungli. Terlebih, pungutan liar tersebut dilakukan di ruang lingkup pendidikan. Hal tersebut pun telah ditegaskan Kementerian Penddikan dan Kebudayaan.

Berita Terkini : Mendikbud Tegaskan Guru yang Terlibat Pungli Bakal Disanksi

Imbauan tidak boleh ada pungutan liar (pungli) terhadap siswa pun muncul. Hal tersebut tidak ada pengecualian. Nah, jika ketahuan, dana BOS di sana bakal dicabut. Oknum-oknum tersebut pun bakal mendapat sanksi tegas.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Anies juga mengingatkan orang tua siswa, jika ada pungutan liar di sekolah, bisa dilaporkan ke Dinas Pendidikan setempat.

”Sanksinya kalau dari pemerintah pusat, kita bisa menghentikan bantuan operasional sekolah, kita bisa menghentikan semua subsidi kita ke mereka,” katanya pada Senin (11/7/2016).

”Kita juga bisa menganjurkan mutasi kepala sekolah dan guru bila mereka melakukan pelanggaran. Bahkan kalau swasta kita bisa memberhentikan penuh kepala sekolahnya,” tambahnya.

Secara khusus, Anies menjelaskan syarat untuk masuk ke sekolah jenjang berikutnya adalah nilai Ujian Nasional. Jika ada laporan pihak sekolah menggunakan metode lain yang tidak sesuai prosedur, Kemendikbud akan langsung menginvestigasi.

Anies menuturkan, ada 212.000 sekolah di seluruh Indonesia. Bicara pengawasan, dia tidak bisa hanya mengandalkan dari internal jajarannya.

“Kita dikabari saja di mana, nanti kita investigasi. Kenapa ini penting? Pengawasan dari pemerintah tidak mungkin super komprehensif. Bagi orang tua atau siswa yang melihat ada yang tidak sesuai aturan kita tolong laporkan,” kata Anies. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beredar Isu GMBI Palak Sekolah Ratusan Juta Rupiah Untuk Bangun Kantor

Beredar Isu GMBI Palak Sekolah Ratusan Juta Rupiah Untuk Bangun Kantor

Bogor – Belakangan ini, LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) sering dibicarakan oleh banyak orang usai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis