Home > Ragam Berita > Nasional > Bentrokan Antar Kampung di Papua Kembali Memakan Korban

Bentrokan Antar Kampung di Papua Kembali Memakan Korban

Jayapura – Bentrok antar kampung karena masalah klasik, yakni batas tanah, kembali terjadi di Papua, bahkan telah menelan korban.

Bentrokan Antar Kampung di Papua Kembali Memakan Korban

Kali ini bentrok terjadi antara warga Kampung Kaptiau, Distrik Sarmi Timur Jauh, dan Kampung Mawesday, Distrik Bonggo Timur, Kabupaten Sarmi, Papua.

Menurut Aser, salah seorang tokoh masyarakat Bonggo, kedua kampung yang saling bersebelahan ini bentrok karena permasalahan batas tanah. Awalnya ada perusahaan kayu yang akan membangun tangki minyak di Kampung Kaptiau. Namun warga Kampung Mawesday mengklaim lahan tersebut masih berada pada lahan hak ulayat.

“Padahal sudah ada pembagian soal patok atau tapal batas kampung. Tapi masalah ini ternyata masih mengemuka sehingga terjadi pemblokadean sore kemarin dan berujung pembakaran pondok wisata di Kapitiau. Inilah yang memicu terjadi pertikaian antarwarga kedua kampung kemarin,” jelas Aser, Rabu (13/7/2016).

Bentrokan ini sendiri telah menimbulkan korban dan mulai merembet ke Kampung lainnya.

“Seorang warga kena panah sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat akibat persoalan tanah di Kampung Kaptiau, situasi masih tegang,” ujar Aser.

Namun kini dilaporkan situasinya sudah mulai kondusif setelah aparat kepolisian dari Polsek Bonggo dan Polres Sarmi mengamankan bentrokan agar tidak makin meluas.

“Aparat kepolisian dari polsek Bonggo dan Polres Sarmi telah mengamankan TKP,” kata Aser.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...