Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Wow, Hacker Ini Gondol Rp 28 Miliar dari ATM

Berita Internasional : Wow, Hacker Ini Gondol Rp 28 Miliar dari ATM

Taipei – Pembobolan kembali terjadi di Taiwan. Aksi kejahatan tersebut dilakukan sekelompok hacker. Nah, mereka pun menggondol uang sebesar USD 2,17 juta atau Rp 28 miliar. Uang tersebut didapat dari ATM milik Taiwan’s First Bank. Berdasar informasi pembobolan tersebut berlangsung pada 9-10 Juli 2016.

Berita Internasional : Wow, Hacker Ini Gondol Rp 28 Miliar dari ATM

Sebagaimana seiberitakan Channel News Asia pada Selasa (12/7/2016).
pihak bank menjelaskan, uang tersebut dicuri dengan menggunakan malware atau sebuah software yang dapat merusak sistem komputer dari 34 mesin ATM di 20 cabang di Teipei dan Taichung.

Menurut laporan media lokal, tiga orang pelaku dan dua tersangka telah kabur meninggalkan Taiwan. Berdasarkan identifikasi dari petugas kepolisian, di antara pelaku adalah warga kebangsaan Rusia.

Sementara itu, dua orang tersangka lainnya masih dalam penyelidikan petugas kepolisian. Para tersangka berhasil dilacak otoritas berwenang melalui kamera pengawasan.

Pencurian uang melalui ATM ini akhirnya diketahui pihak bank setelah para staf menemukan terdapat catatan penyimpangan dalam keuangan mereka.

Terkait kejadian ini, Wakil Presiden First Bank, Yeh Chung-Huei menegaskan bahwa para nasabah bank tidak akan terganggu dengan aksi ini dan mereka akan sepenuhnya dilindungi pihak bank.

Kendati demikian, menurut surat kabar China Post, untuk mencegah kerugian tambahan, First Bank telah menghentikan pengoperasian 300 dari 768 ATM di seluruh Taiwan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Madrid – Hingga pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB), Presiden Catalonia Carles Puigdemont tetap tidak ...