Home > Gaya Hidup > Olahraga Jadi Lebih Seru dengan Pokemon Go

Olahraga Jadi Lebih Seru dengan Pokemon Go

Jakarta – Game Pokemon Go menjadi trending topic dalam beberapa hari ini. Setiap orang selalu membicarakannya lewat media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, atau Path.

Olahraga Jadi Lebih Seru dengan Pokemon Go

Bagi yang belum tahu, Pokemon Go adalah aplikasi game produksi Nintendo dan Niantic yang baru saja dirilis minggu lalu di Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jepang. Game ini menuntut penggunanya untuk mencari dan menangkap sebanyak mungkin monster Pokemon dengan bantuan GPS (Global Positioning System).

Berbeda dengan game lainnya yang dapat dimainkan dengan hanya duduk santai atau sambil tiduran di kamar, Pokemon Go ini menuntut pemainnya untuk keluar luar, berjalan, berlari, atau bersepeda untuk mencari dan mengejar keberadaan Pokemon di tempat-tempat tertentu dengan bantuan GPS.

Tujuan sebenarnya dari sang pembuat game ini sepertinya ingin mengajak penggunanya untuk terus bergerak sambil mencari Pokemon. Sehingga game Pokemon Go ini secara tidak langsung dapat menjadi alasan bagi gamer untuk berolahraga dengan cara yang lebih seru.

Lantas sejauh mana Pokemon Go ini bermanfaat bagi kesehatan fisik?

Seperti diketahui, Pokemon Go menuntut penggunanya untuk bergerak, berjalan sejauh mungkin setiap harinya untuk berburu Pokemon. Hasil studi dari Saarland University, Jerman mengungkapkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan dan bersepeda santai, bila dilakukan secara rutin selama minimal 25 menit setiap harinya dapat menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung di usia 50 – 60 tahun.

Menurut artikel lain yang dikutip dari Ezine Articles menyebutkan, bersepeda dapat membantu membakar kalori hingga 300 kalori setiap 30 menit dan efektif membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin minimal lima kali seminggu.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Awas, Ada Bahaya Dibalik Kantong Teh Celup

Awas, Ada Bahaya Dibalik Kantong Teh Celup

Jakarta – Salah satu minuman kesukaan masyarakat adalah teh. Namun proses dari pemetikan daun teh ...