Home > Ragam Berita > Internasional > Inilah Alasan Militan ISIS Ini Diberi Keringanan Hukuman

Inilah Alasan Militan ISIS Ini Diberi Keringanan Hukuman

Ankara – ISIS memang sudah menebar teror di seluruh pelosok. Tidak heran, banyak pihak yang meminta hukuman berat terharap para militan yang tertangkap.

Inilah Alasan Militan ISIS Ini Diberi Keringanan Hukuman

Namun, salah seorang militan ini memperoleh keringanan. Yakni, hukumannya lebih diperingan. Berdasar indormasi, militan bernama Ahmet Gunes itu dinilai berkelakuan baik.

Sebagaimana diberitakan Russia Today pada Rabu, (13/7/2016), Pengadilan Provinsi Gaziantep, Turki memutuskan hukuman untuk Gunes dikurangi dari tujuh setengah tahun penjara menjadi enam tahun tiga bulan penjara meskipun yang bersangkutan tidak hadir dalam persidangan tersebut.

Dia ditangkap di Gaziantep bersama dua orang militan lainnya, Mustafa Delibaslar dan Okkes Durmaz setelah mobil mereka dihentikan oleh polisi pada 25 Maret 2014.

Polisi menemukan berbagai benda mencurigakan yang mereka buang di antaranya sebuah topeng hitam, kartu memori, dan sebuah hard disk berisi rekaman eksekusi seorang anggota milisi Kurdi, PKK yang dilakukan oleh ISIS di Latakia, Suriah. Penyelidikan lebih lanjut mengungkap Gunes terlah menerima pelatihan militer di kamp militan Suriah serta keterlibatan mereka dengan ISIS.

Dalam persidangan 2014, ketiganya dijatuhi tuduhan sebagai anggota kelompok teroris, namun mereka dibebaskan dari penahanan di tahun yang sama. Tuduhan terhadap Delibaslar dan Durmaz kemudian dicabut pada September 2015 karena kurangnya bukti, namun Gunes tetap berada di dalam penyelidikan karena pembunuhan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengeluarkan peringatan terhadap negara-negara di PBB pada Senin (16/10/2017), dalam ...