Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Kaisar Jepang Ini Bakal Turun Takhta Beberapa Tahun Lagi

Berita Internasional : Kaisar Jepang Ini Bakal Turun Takhta Beberapa Tahun Lagi

Tokyo – Kaisar Jepang Akihito berencana untuk turun dari Takhta. Hal tersebut bakal dilakukan beberapa tahun lagi. Berdasar kabar, hal tersebut dilakukan untuk menyembuhkan luka lantaran Perang Dunia II

Berita Internasional : Kaisar Jepang Ini Bakal Turun Takhta Beberapa Tahun Lagi

Sebagaimana diberitakan NHK dan media Jepang pada Rabu (13/7/2016), penerus Kaisar Hirohito itu telah menyampaikan niatannya kepada Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang. Tidak disebutkan alasan yang melatarbelakangi keinginan tersebut, dan badan yang bersangkutan belum dapat dimintai komentar.

Berdasar Reuters pada Rabu (13/7/2016), kaisar berusia 82 tahun itu diketahui telah menjalani operasi jantung dan mendapat perawatan kanker prostat dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga diketahui telah menyerahkan sebagian tugas resminya sebagai simbol negara kepada Putra Mahkota Naruhito.

Kaisar Akihito adalah tokoh yang memainkan peran penting dalam rekonsiliasi Jepang pasca Perang Dunia II, dan berusaha menjalin hubungan mendalam dengan dunia internasional melalui kunjungan-kunjungan kenegaraannya.

”Dia sangat peduli dengan isu perang dan rekonsiliasi (dengan negara-negara Asia). Naruhito secara jelas menunjukkan dia akan meneruskan hal tersebut,” kata Koichi Nakano, seorang profesor politik Universitas Sophia, Tokyo.

Dia menjadi Kaisar Jepang pertama yang menikahi gadis dari kalangan rakyat biasa ketika menikah dengan Michiko Shoda pada 1959.

Meski Sang Kaisar telah mengungkapkan keinginannya, profesor dari Universitas Musashi, Miiko Kodama mengatakan bahwa undang-undang Rumah Tangga Kekaisaran perlu diubah untuk memperbolehkan Akihito turun takhta. Proses itu mungkin akan memakan waktu dan perdebatan di Parlemen Jepang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...