Home > Ragam Berita > Internasional > Siapa Tokoh di Balik Percobaan Kudeta Militer di Turki?

Siapa Tokoh di Balik Percobaan Kudeta Militer di Turki?

Ankara – Pemeritahan Turki dibawah pimpinan Tayyip Erdogan akhirnya berhasil menggagalkan percobaan kudeta militer yang hanya berlangsung selama lima jam.

Siapa Tokoh di Balik Percobaan Kudeta Militer di Turki?

Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag, mengungkapkan bahwa kelompok Hizmet di bawah pimpinan Fethullah Gulen berada di balik kudeta gagal ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bekir Bozdag dalam wawancara di sebuah stasiun televisi yang dilansir oleh Reuters, Sabtu (16/7/2016). Namun tuduhan ini dibantah oleh pihak Fethullah Gulen.

Menurut Perdana Menteri Turki Binali Yildirim, badan intelijen Turki menjadi sasaran utama kudeta tersebut, namun kemudian berhasil digagalkan.

Erdogan sendiri telah kembali ke Turki setelah kudeta berhasil digagalkan. Sebanyak 50 orang yang terlibat kudeta saat ini telah ditangkap.

Fethullah Gulen yang dituding sebagai otak dibalik rencana kudeta ini berada di Amerika Serikat, namun ia diketahui mempunyai banyak pengikut di Turki, termasuk di jajaran militer.

Itulah mengapa Erdogan meminta Amerika Serikat untuk mengekstradisi Gullen ke Turki agar dapat diadili karena selama ini ia diketahui selalu mengganggu pemerintahan Erdogan.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Diperiksa KPK, Fredrich Yunadi Mengklaim Didukung 90.000 Advokat

Diperiksa KPK, Fredrich Yunadi Mengklaim Didukung 90.000 Advokat

Jakarta – Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, yang kini menjadi tersangka KPK mengaku dirinya ...