Home > Ragam Berita > Nasional > Pengawasan dan Pengamanan Rutan Bakal Segera Dibenahi

Pengawasan dan Pengamanan Rutan Bakal Segera Dibenahi

Jakarta – Beberapa waktu lalu, ada tahanan yang melarikan diri dari rumah tahanan. Hal tersebut pun membuat Direktur Jenderal Permasyarakatan (Dirjen PAS) I Wayan Kusmiantha Dusak angkat bicara.

Pengawasan dan Pengamanan Rutan Bakal Segera Dibenahi

Berdasar informasi, pihaknya bakal menata kembali pengawasan dan pengamanan di Rumah Tahanan (Rutan). Terlebih, hal tersebut bakal difokus di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Sebab, narapidana bernama Anwar alias Rizal bin Kiman, 26, kabur pada Rabu 6 Juli 2016.

”Ada (Langkah yang diambil Ditjen Pas pasca napi kabur), tindakan yang kami lakukan pertama itu, akan memperketat dan memperbaiki jalur masuk. Memperbaiki jalur keluar masuk pengunjung. Kedua pemeriksaan badan. Ketiga, semua yang masuk harus menggunakan finger screen. Keempat, kita akan melakukan stempel khusus,” kata Wayan pada Sabtu (16/7/2016).

Menurut Wayan, stempel khusus bagi para pengunjung baru diterapkan. Pasalnya, pintu keluar dan masuk di Rutan Salemba itu berbeda. Sehingga, petugas tidak mengetahui berapa pengunjung yang masuk maupun keluar.

”Kenapa itu diambil, karena kemaren tidak melakukan itu. Masuk pintu keluar berbeda. Sehingga tidak tahu berapa orang masuk dan keluar berapa orang. Masuk keluar diperiksa, Semua dilakukan melalui pendataan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya evaluasi dan perbaikan sistem pengamanan diharapkan kasus serupa tidak terulang kembali. Wayan berharap, program tersebut mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah mengingat biayanya yang cukup besar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Jakarta – Seorang anggota Kopassus dari Satuan 81 / Penanggulangan Teror yang bernama Sertu Wahyu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis