Home > Ragam Berita > Internasional > Otoritas Keamanan Yunani Ciduk Delapan Militer yang Terlibat Kudeta Turki

Otoritas Keamanan Yunani Ciduk Delapan Militer yang Terlibat Kudeta Turki

Athena – Kudeta pemerintahan terjadi di Turki. Diduga, aksi tersebut pun melibatkan delapan tentara. Namun, mereka kini telah di tahan pihak otoritas keamanan Yunani. Sebab, delapan orang tersebut telah memasuki kawasan negara tersebut secara ilegal atau tanpa izin.

Otoritas Keamanan Yunani Ciduk Delapan Militer yang Terlibat Kudeta Turki

Berdasar informasi, delapan tentara itu melarikan diri dengan menumpang helikopter militer Turki, Black Hawk. Nah, kemudian, helikopter tersebut didaratkan di timur laut Alexandroupolis, Yunani.

Sebagaimana diberitakan SkyNews pada Minggu (17/7/2016), Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Athena telah meminta Ankara untuk sesegera mungkin mengekstradisi delapan pengkhianat negara tersebut.

Berdasarkan informasi pihak otoritas, dari delapan tentara itu terdapat empat kapten, dua sersan kelas pertama. Mereka datang ke Yunani dengan tujuan untuk meminta suaka politik. Pemerintah Yunani akan mempertimbangkan hal tersebut pada Minggu, 17 Juli 2016.

Meski demikian, Juru Bicara Pemerintah Yunani mengaku akan sangat berhati-hati dalam memutuskan nasib delapan tentara pengkudeta tersebut. Yunani akan memutuskan hal ini berdasarkan hukum internasional.

Terlebih lagi, mereka adalah tentara yang dituduh melakukan kudeta di Turki dan melanggar konstitusi negara untuk menggulingkan pemerintah.

Namun, pemerintah tidak bisa menerima suaka politik itu dengan mudah. Terlebih, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras kini memberikan dukungan terhadap pemerintah demokratis Turki. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...