Home > Ragam Berita > Nasional > Warga Kelurahan Karangsari Blitar : “Kami Minta Gereja Untuk Ditutup”

Warga Kelurahan Karangsari Blitar : “Kami Minta Gereja Untuk Ditutup”

Blitar – Warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar menolak dengan keras izin pendirian Gereja Yakin Hidup Sukses (YHS) yang berada di lingkungannya.

Warga Kelurahan Karangsari Blitar : “Kami Minta Gereja Untuk Ditutup"

Ilustrasi

Warga pun berbondong-bondong mendatangi tim Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Blitar yang tengah memverifikasi perizinan pendirian gereja YHS agar tidak jadi mengeluarkan rekemondasi izin.

Penolakan tersebut adalah buntut dari video khotbah pendeta Ruth Ewin dari Gereja YHS) di media sosial youtube yang mengaku sebagai cucu kiai pondok pesantren Tebuireng Jombang.

“Kami minta gereja untuk ditutup. Sebab kami tidak bisa menerima sikap menjelek jelekkan dan telah diunggah ke media sosial, “ ujar Sukarji, juru bicara warga yang juga salah satu tokoh agama di Kelurahan Karangsari, Minggu (17/7/2016). Rekaman video ceramah pendeta Ruth di depan jemaat gereja itu berjudul “Ex Muslim cucu Kyai Pesantren Tebuireng jadi pendeta”.

Rekaman tersebut beredar luas menjelang lebaran Idul Fitri 2016 ini. Umat Islam, khususnya warga nahdliyin tentu faham bahwa pesantren Tebuireng identik dengan pendiri NU Hadratussyech KH Hasyim As’yari. Ponpes Tebuireng merupakan tempat kelahiran sekaligus berkumpulnya keluarga besar almarhum mantan Presiden RI KH Abdurrrahman Wahid alias Gus Dur yang merupakan cucu Mbah Hasyim Asy’ari. Tidak hanya meresahkan umat muslim di Kota Blitar, PWNU Jawa Timur bahkan turun tangan mengusut masalah ini.

Pihak keluarga besar Ponpes Tebuireng secara khusus juga telah mengirimkan utusan untuk mengklarifikasi masalah ini. Pendeta Ruth mengakui telah berdusta dan gereja YHS juga telah menyatakan permintaan maaf. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Jelang Aksi 313, Sekjen FUI Ajak Seluruh Alumni 212

Jelang Aksi 313, Sekjen FUI Ajak Seluruh Alumni 212

Jakarta – Massa umat Islam akan kembali turun ke jalan demi menyuarakan tuntutannya. Dikabarkan bahwa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis