Home > Teknologi > Sains > Wow, Penelitian Ini Menemukan Jejak Nenek Moyang Manusia

Wow, Penelitian Ini Menemukan Jejak Nenek Moyang Manusia

Ileret – Belum lama ini, sebuah penelitian mengemukakan bahwa cara berjalan Homo erectus sama dengan manusia modern. Sebagaimana diketahui, Homo Erectus adalah nenek moyang manusia.

Wow, Penelitian Ini Menemukan Jejak Nenek Moyang Manusia

Sebagaimana diberitakan Foxnews pada Jumat (15/7/2016), ahli paleontologi mendapati jejak kaki manusia pada 2009. Penemuan tersebut didapatkan di dekat pantai timur Danau Turkana di Ileret, Kenya.

Trek tapak kaki fosil yang ditemukan peneliti ini memiliki kesamaan dengan kaki manusia modern. Seperti bentuk lengkungan, tumit bulat dan kaki sejajar paralel besar dengan jari-jari kaki lainnya.

Meski telah berusia 1,5 juta tahun, namun cetakan tapak kaki ini dinilai terlalu tua milik Homo sapiens atau manusia modern. Jejak tersebut dikaitkan dengan Homo erectus, lebih tinggi dari nenek moyang manusia awal.

Para peneliti pun berpikir ada begitu banyak kesamaan antara Homo erectus dan manusia modern. Sebab memiliki cara berjalan yang mirip seperti manusia lakukan saat ini.

”Kami menganalisis jejak kaki ini, setidaknya ini bukti langsung untuk mendukung asumsi umum mengenai fosil berusia 1,5 juta tahun lalu yang memiliki cara berjalan sama seperti yang kita lakukan,” ujar Penulis studi Kevin Hatala, dari Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi dan George Washington University. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...