Home > Ragam Berita > Internasional > Turki Kecewa Amerika Serikat Persulit Pemulangan Fethullah Gulen

Turki Kecewa Amerika Serikat Persulit Pemulangan Fethullah Gulen

Ankara – Setelah terjadinya percobaan kudeta yang gagal yang terjadi di Turki untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Tayyip Erdogan pada Kamis (14/7/2016) malam waktu setempat, pemerintah Turki kembali mendesak Amerika Serikat (AS) untuk mengekstradisi Fethullah Gulen karena ia dituduh berada di balik kudeta tersebut.

Turki Kecewa Amerika Serikat Persulit Pemulangan Fethullah Gulen

Namun Menteri Luar Negeri AS, John Kerry mengatakan, Turki harus mengikuti mekanisme yang harus dilalui terlebih dahulu karena permintaan ekstradisi terhadap Gullen harus disertai bukti akurat dan bukan hanya dugaan.

Menanggapi perkataan Menlu AS, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim merasa kecewa karena AS seolah-olah mempersulit proses pemulangan Gullen, dan Turki semakin meragukan komitmen AS untuk membantu Turki.

“Kami akan kecewa jika AS mengatakan kepada kita untuk menunjukkan bukti, meskipun anggota organisasi pembunuh mencoba untuk menghancurkan pemerintah terpilih di bawah arahan orang itu,” kata Yildirim, seperti dilansir Reuters, Senin (18/7/2016).

“Pada tahap ini bahkan hal tersebut bisa menjadi pertanyaan dari persahabatan antara kedua negara,” sambungnya.

Fethullah Gulen merupakan pemimpin kelompok Hizmet yang telah dilarang di Turki. Kelompok ini mengklaim memiliki 2.000 anggota yang setia, termasuk yang berada di jajaran militer Turki.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Kapolri Ganti Kapolda Metro Jaya, Ini Sebabnya

Kapolri Ganti Kapolda Metro Jaya, Ini Sebabnya

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan pergantian beberapa perwira tinggi Polri melalui telegram ...