Home > Travel & Kuliner > Upacara Kasada Dilaksanakan Besok, Wisatawan Dilarang Mendekat

Upacara Kasada Dilaksanakan Besok, Wisatawan Dilarang Mendekat

Malang – Menjelang pelaksanaan upacara Yadnya Kasada yang akan dilaksanakan hari Rabu (20/7/2016), petugas dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mulai melakukan penjagaan untuk mengantisipasi keamanan saat dilangsungkan ritual.

Upacara Kasada Dilaksanakan Hari Ini, Wisatawan Dilarang Mendekat

Pihak BB TNBTS menghimbau kepada wisatawan yang tidak berkepentingan langsung dengan upacara Kasada agar tidak mendekati kawah Bromo.

“Tidak boleh ke kawah. Jaraknya radius satu kilometer. Lihat dari jauh aja tidak apa-apa. Kalau masyarakat yang sudah biasa, seperti para dukun, boleh, silakan. Kita tidak mungkin melarang,” kata Kepala BB TNBTS John Kennedie, Senin (18/7/2016).

Terkait hal itu, John mengaku telah memasang police line agar para wisatawan dan pengunjung tidak mendekat.
“Sudah dipasang police line,” katanya.

Untuk pengamanan, pihak BB TNBTS akan dibantu oleh 50 personel dari Polisi Hutan (Polhut) dan 68 personel dari tim SAR, dimana mereka akan disebar ke sejumlah titik di sekitar jalan masuk Bromo untuk mengantisipasi keamanan.

John menambahkan, pengunjung dan wisatawan dilarang naik hingga ketinggian 2.329 mdpl itu karena kondisi kawah Bromo belum aman.

“Situasinya masih belum memungkinkan. Mudah-mudahan dengan Kasada ini, berkat doa dari para dukun, situasinya kembali normal,” ungkapnya.

Upacara ritual adat Yadnya Kasada sendiri rencananya akan diadakan pada Rabu pukul 19.00 WIB di Pendopo Agung Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Lalu pada Kamis (21/7/2016) dinihari pukul 02.00 WB rombongan ritual Kasada akan mulai diberangkatkan.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Resep Sate Matang Yang Lezat Saat Idul Adha

Resep Sate Matang Yang Lezat Saat Idul Adha

Jakarta – Stok daging kambing di rumah akan melimpah saat Hari Raya Idul Adha datang. ...