Home > Ragam Berita > Internasional > Benarkah Pencobaan Kudeta di Turki Adalah Settingan Erdogan ?

Benarkah Pencobaan Kudeta di Turki Adalah Settingan Erdogan ?

Pennsylvania – Fethullah Gulen adalah seorang ulama oposisi Turki. Kali ini, dia melayangkan pernyataan bahwa Pemerintah Presiden Tayyip Erdogan merupakan otak dibalik upaya kudeta militer. Dia menuduh pemerintah Erdogan dan partai politiknya melakukan rekayasa kudeta gagal tersebut.

Benarkah Pencobaan Kudeta di Turki Adalah Settingan Erdogan ?

Gulen yang tinggal di pengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), menuduh Erdogan meluncurkan bendera operasi palsu dengan merekayasa kudeta. Gulen bahkan membandingkan Erdogan dengan Adolf Hitler karena upaya kudeta itu menewaskan 265 orang.

”Ada kemungkinan bahwa hal itu bisa menjadi kudeta yang direkayasa oleh Partai AKP-Erdogan, dan itu bisa dimaksudkan untuk tuduhan lanjut terhadap Gulenists dan militer,” kata Gulen kepada wartawan hari Sabtu waktu AS.

Gulen yang jadi pemimpin gerakan rakyat Hizmet dulunya adalah teman atau sekutu politik Erdogan. Namun, sejak belasan tahun lalu Gulen jadi musuh politik Erdogan dan meninggalkan Turki.

Gulen memegang Green Card AS tetapi dia bukan warga negara Amerika. Dia tidak peduli jika Pemerintah AS mendeportasi dirinya, setelah Erdogan meminta Obama untuk menangkap dirinya dan dipulangkan ke Turki.

”Saya tidak percaya bahwa dunia membutuhkan tuduhan yang dibuat oleh Presiden Erdogan terhadap saya secara serius,” ujar ulama berusia 75 tahun itu sebagaimana diberitakn Russia Today pada Minggu (17/7/2016). Gulen sendiri mengutuk upaya kudeta militer di Turki.

”Hal ini sangat jelas bahwa ada intoleransi di antara pimpinan partai yang berkuasa dan presiden. Mereka telah menyita properti dan organisasi media, merusak pintu dan melecehkan orang dengan cara yang sama seperti pasukan SS Hitler,” lanjut Gulen, yang berbicara melalui seorang penerjemah. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengeluarkan peringatan terhadap negara-negara di PBB pada Senin (16/10/2017), dalam ...