Home > Ragam Berita > Internasional > LCS Ditutup lantaran Dipakai Tiongkok Latihan Militer

LCS Ditutup lantaran Dipakai Tiongkok Latihan Militer

Beijing – Badan Keamanan Maritim (MSA) Tiongkok bakal melakikan latihan militer. Latihan tersebut bakal dilaksanakan di Laut China Selatan (LCS) pada Selasa hingga Kamis (19-21 Juli 2016). Nah,selama latihan berlangsung, area tersebut bakal ditutup sementara waktu.

LCS Ditutup lantaran Dipakai Tiongkok Latihan Militer

Sebagaimana diketahui, tensi di kawasan tersebut melonjak. Hal tersebut terjadi sejak Mahkamah Arbitrase Internasional (PCA) memberikan putusan pada Selasa (12/7/2016). Mereka pun menampik klaim historis Tiongkok atas sembilan garis putus-putus (nine dash lines). Negeri Tirai Bambu tidak bisa menerima putusan tersebut.

”Putusan tersebut batal demi hukum dan tidak mengikat secara hukum. China tidak menerima atau mengakui putusan tersebut. Kami juga tidak menerima penyelesaian sengketa lewat pihak ketiga atau solusi yang ditimpakan kepada China,” tutur Kementerian Luar Negeri China sebagaimana diberitakan Channel News Asia pada Senin (18/7/2016).

China selama ini memprotes keras adanya patroli militer dari pihak asing yang tidak terlibat sengketa di LCS, terutama Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam berdalih patroli tersebut diadakan untuk membuktikan janji Negeri Panda mengenai kebebasan navigasi di LCS.

Sementara itu, Filipina yang melayangkan gugatan terhadap PCA pada 2013 menerima putusan tersebut. Mereka dan beberapa negara lain pun meminta Beijing menaati putusan tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...