Home > Ragam Berita > Nasional > Tito Karnavian : “Sementara Dianggap Positif Dia Adalah Santoso”

Tito Karnavian : “Sementara Dianggap Positif Dia Adalah Santoso”

Jakarta – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan, hasil identifikasi sementara terhadap salah satu jenasah anggota teroris kelompok Santoso yang tewas saat terjadi baku tembak dengan anggota satgas Tinombala pada Senin (18/7/2016) di Pegunungan Tambarana, Palu, Sulawesi Tengah, adalah Santoso.

Tito Karnavian : "Sementara Dianggap Positif Dia Adalah Santoso"

Identifikasi berdasarkan kesaksian dari anggota polisi yang pernah menangkap Santoso pada 2005 lalu dan dari anggota masyarakat yang mengenal Santoso.

“Dari hasil penggambaran wajahnya dan ciri-ciri lain, baik oleh anggota yang kenal dia dan saksi yang kenal dia, sementara dianggap positif dia adalah Santoso,” kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Jenasah kedua teroris saat ini sudah diangkut dengan menggunakan helikopter menuju Bandara Mutiara di Palu untuk dilakukan identifikasi awal.

Setelah dari sana akan dibawa ke Rumah sakit Bhayangkara untuk dilakukan identifikasi lanjutan.

“Di RS Bayangkara, (jenazahnya) akan dibersihkan lagi. Di situ, ada saudara dan keluarganya, ada kepala lingkungannya. Ada tersangka yang saat ini sedang ditahan di Polda Sulteng. Mereka akan diperlihatkan juga,” kata Tito.

Setelah dilakukan identifikasi lanjutan di Rumah Sakit Bhayangkara, dalam satu atau dua jam lagi baru bisa mendapatkan kepastian bahwa salah satu jenasah tersebut adalah Santoso.

Sedangkan jenasah yang lain untuk sementara diidentifikasi sebagai Basri, berdasarkan ciri-ciri fisik yang ada, yaitu adanya tato di bagian belakang leher.

“Untuk sekarang, 90 persen dia adalah Santoso, satunya lagi 70 persen Basri,” ucap Tito.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

DPR Puji Sikap Tegas Jokowi Terkait Palestina

DPR Puji Sikap Tegas Jokowi Terkait Palestina

Jakarta – Tubagus Hasanuddin selaku Wakil Ketua Komisi I DPR RI memberikan penilain positif terhadap ...