Home > Ragam Berita > Nasional > Bagi Yang Ingin Mendaftar Tax Amnesty, Simak Caranya Berikut Ini

Bagi Yang Ingin Mendaftar Tax Amnesty, Simak Caranya Berikut Ini

Jakarta -Program pengampunan pajak atau yang lebih dikenal dengan istilah tax amnesty telah dimulai pendaftarannya pada Senin (18/7/2016) kemaren.

Bagi Yang Ingin Mendaftar Tax Amnesty, Simak Caranya Berikut Ini

Meskipun pemerintah memberikan sosialisasi masalah tax amnesty sebelumnya namun masih banyak warga yang belum mengerti dan bertanya-tanya terkait tax amnesty dan bagaimana cara mendapatkannya.

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti tax amnesty adalah pemohon harus terlebih dahulu mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Wajib pajak datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di mana dia terdaftar (sesuai NPWP).

Apabila belum memiliki NPWP bisa langsung datang ke KPP sesuai alamat tinggal dan langsung mengurusnya. NPWP tersebut langsung jadi.

“Kalau belum punya NPWP bisa datang ke kita. Kalau syaratnya lengkap satu hari bisa. Bikin NPWP bawa KTP untuk orang pribadi, kalau pegawai surat keterangan bekerja,” ungkap Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV KPP Pratama Jakarta Menteng Dua, Nurihwan, Selasa (19/7/2016).

Setelah memiliki NPWP, wajib pajak bisa langsung datang ke helpdesk di KPP sesuai alamat terdaftar untuk mendapatkan informasi terkait amnesti pajak. Wajib pajak juga dapat menanyakan segala detil prosedur mengenai tarif tebusan untuk ikut pengampunan pajak.

Setelah mendapatkan informasi mengenai tax amnesty dan cara menghitung harta kekayaan dari helpdesk di KPP terdekat, wajib pajak kemudian menghitung seluruh hartanya sendiri atau self assesment dan membayar tarif tebusan dengan cara mengalihkan tarif sebesar 2% pada periode I (Juli-September) dengan total harta bersih.

Harta bersih sendiri merupakan selisih antara harta tambahan dengan utang yang belum diungkapkan dalam SPT PPh terakhir. Tarif 2% tersebut untuk pengungkapan harta yang ada di Indonesia namun belum dilaporkan, sedangkan untuk harta yang ada di luar negeri dikenakan tarif sebesar 4% pada periode yang sama.

Setelah mengetahui besarnya tebusan, wajib pajak bisa langsung melakukan pembayaran ke bank yang telah ditunjuk pemerintah atau bank persepsi. Di setiap bank persepsi sudah terdapat counter khusus untuk para peserta tax amnesty membayar tebusan.

Kemudian pada langkah ketiga, wajib pajak kembali ke KPP sesuai alamat terdaftar untuk menyampaikan surat pernyataan harta beserta lampirannya yang diisi sendiri. Pada tahap ini akan dilakukan pengecekan kembali oleh tim peneliti di KPP untuk memastikan jumlah pembayaran tebusan sudah sesuai dengan total harta yang dilaporkan.

Setelah semuanya dipastikan benar atau sesuai oleh tim peneliti, maka wajib pajak akan mendapatkan tanda terima dari KPP bahwa sudah membayar uang tebusan dan sudah sesuai.

Setelah mendapatkan tanda terima dari KPP, wajib pajak perlu menunggu 10 hari kerja untuk mendapatkan Surat Keterangan Amnesti Pajak dari KPP.

Setelah mendapatkan Surat Keterangan Amnesti Pajak berarti prosedur ikut pengampunan pajak sudah selesai.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Suara Ledakan di Terminal Kampung Melayu Terdengar Hingga 1 Kilometer

Suara Ledakan di Terminal Kampung Melayu Terdengar Hingga 1 Kilometer

Jakarta – Terdapat dua suara ledakan keras pada jeda waktu yang tidak terlalu jauh terjadi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis